Kompas TV olahraga kompas sport

Profil Shalika Aurelia, Pesepak Bola Perempuan Indonesia Pertama yang Merumput di Eropa

Kompas.tv - 9 Januari 2022, 17:54 WIB
profil-shalika-aurelia-pesepak-bola-perempuan-indonesia-pertama-yang-merumput-di-eropa
Bek timnas putri Indonesia, Shalika Aurelia Viandrisa, sedang memberikan keterangan kepada awak media di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta pada 18 September 2021. (Sumber: MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Shalika Aurelia baru saja menciptakan sejarah dengan menjadi pemain perempuan Indonesia pertama yang merumput untuk klub sepak bola Eropa.

Kepastian Shalika Aurelia bergabung dengan Roma Calcio Femminile atau klub perempuan AS Roma diunggah melalui Instagram resmi sang pemain, @shalika.aurelia, Sabtu (8/1/2021).

"Langkah pertama di Eropa. Bangga untuk mulai bermain di klub ini di Serie B Italia," demikian bunyi keterangan unggahan di akun resmi Instagram Shalika Aurelia yang dibumbui foto dirinya dengan jersey Roma.

Bergabungnya Shalika Aurelia sekaligus memperbanyak jumlah insan olahraga Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Baca Juga: Sempat Trial di Bayern Munchen, Pemain Timnas Putri Ini Resmi Gabung Roma Femminile

Sejak muda, sosok Shalika Aurelia sudah dikenal memiliki bakat besar.

Sejak masih duduk di bangku SMP, dia sudah tampil mencolok di berbagai kompetisi antarklub, salah satunya Piala Coca-cola dan Piala Greenfields dari level U-12 hingga U-14.

Pemain belakang timnas Indonesia ini juga sudah ditarik ke timnas sepak bola perempuan Indonesia sejak level U-16 dan terpilih sebagai bagian dari tim PON Jakarta 2020.

Penampilan apiknya di level kelompok umur membawanya ke akademi sepak bola klub West Ham United dan sempat menjalani trial ke tim senior.

Shalika juga menjalani trial di Bayern Munchen Women pada tahun 2021 sebelum akhirnya dikontrak profesional oleh Roma Calcio Feminile.

Baca Juga: Timnas Indonesia Hanya Main Lawan Bangladesh pada FIFA Matchday




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x