Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes Fadjroel Sampaikan Keadaan Terkini WNI di Kazakhstan

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 02:05 WIB
dubes-fadjroel-sampaikan-keadaan-terkini-wni-di-kazakhstan
Duta Besar Luar Biasa Republik Indonesia untuk Kazakhstan Muhammad Fadjroel Rachman (7/1/2022). (Sumber: Tangkapan layar video dari KBRI Nur-Sultan)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada 4 januari 2022, Presiden Republik Kazakhstan Kassym-Jomart Kemelevich Tokayev telah menerbitkan dekrit presiden yang menyatakan, Negera Kazakhstan dalam keadaan darurat atau “stateof  emergency” dari tanggal 5 hingga 19 Januari 2022. Selain itu, negara tersebut memberlakukan jam malam setiap hari mulai pukul 23.00 – 07.00 waktu setempat.

Situasi yang semakin memanas ini merupakan buntut dari terjadinya kerusuhan di banyak kota oleh ribuan orang yang turun ke jalan karena memprotes kenaikan harga bahan bakar.

Terkait hal itu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Kazakhstan dan Tajikistan M Fadjroel Rachman menyampaikan, sebanyak 140 WNI di Kazakhstan dan tiga WNI di Republik Tajikistan dalam keadan sehat dan aman.

Adapun, 141 WNI yang ada di Kazakhstan berada di sejumlah kota, antara lain Nur Sultan dan Almaty. Fadjroel pun mengimbau kepada semua WNI di Kazakhstan untuk selalu waspada dan berhati-hati.  

WNI diminta menjauhi kerumunan dan tidak bepergian ke luar rumah kecuali untuk hal-hal yang penting. Selain itu, WNI diminta mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat, menjaga ketertiban, dan tidak ikut dalam aksi-aksi massa yang dilakukan di wilayah setempat.

Baca Juga: Presiden Kazakhstan Perintahkan Tembak Mati di Tempat bagi Pengunjuk Rasa Teroris

"Para WNI agar tidak memberikan komentar yang bersifat publik terhadap perkembangan situasi dalam negeri Kazakhstan," tegas Fadjroel dalam keterangan video yang diterima KompasTV, Jumat (7/1/2022).

Selain itu, ia mengharapkan WNI saling berkomunikasi dengan sesama WNI yang berada di kota atau wilayah masing-masing kepada KBRI.

Fadjroel juga meminta WNI berkomunikasi dengan KBRI melalui grup WNI maupun jalur-jalur komunikasi yang memungkinkan untuk memberi update kondisi masing-masing dan melaporkan hal-hal yang penting diketahui bersama.

Fadjroel juga menyampaikan informasi tentang akses serta kontak KBRI di Kazakhstan.

  • KBRI beralamat di Sarayshyq St 22, Nur-Sultan 020000.
  • Nomor telepon KBRI (hari dan jam kerja): 8 (7172) 79 06 70.
  • Hotline KBRI (24 jam, melalui sms, telepon, atau WA): +7 771 836 0245.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x