Kompas TV nasional politik

Politikus NasDem: Kapasitas Anies Presiden, Sudah Tidak Lagi Gubernur

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 05:35 WIB
politikus-nasdem-kapasitas-anies-presiden-sudah-tidak-lagi-gubernur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies disebut sudah memiliki kapasitas sebagai presiden, tidak lagi sebagai gubernur. (Sumber: Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta diketahui akan berakhir pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Selanjutnya, Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada DKI Jakarta baru akan kembali dihelat pada 2024 mendatang. Hal itu bersamaan dengan gelaran pemilihan presiden alias Pilpres.

Baca Juga: Hasto Ungkap Calon Gubernur DKI Pengganti Anies dari PDIP: Ada Gibran hingga Risma

Menurut politikus yang juga Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Wilayah Jawa 1 (Banten, DKI) Effendy Choirie, Anies Baswedan sudah bukan lagi kapasitasnya mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pada tahun politik atau 2024 mendatang, pria yang akrab disapa Gus Choi itu menilai, Anies Baswedan lebih tepat mencalonkan diri sebagai Presiden RI.

"Saya kira (kapasitas) Pak Anies calon presiden ya, mungkin sudah enggak konsentrasi lagi untuk calon gubernur," kata Gus Choi dikutip dari Kompas.com pada Jumat (7/1/2021).

Baca Juga: Digadang Jadi Pengganti Anies, Kasetpres Heru: Calon Lain Mungkin Lebih Layak dan Bagus

Gus Choi mempunyai cukup alasan menilai Anies lebih tepat mencalonkan diri sebagai Presiden RI ketimbang calon Gubernur DKI Jakarta.

Ia mengatakan, Anies mempunyai kans untuk menang, terlebih dalam berbagai survei nama Anies Baswedan masuk dalam tiga besar terus-menerus.

"Saya kira dia calon presiden, kan (elektabilitas) tiga besar terus menerus, sayang kalau itu ditinggalkan," ujar Gus Choi.

Lebih lanjut, Gus Choi menyebut Anies Baswedan memiliki rekam yang baik dalam hal kepemimpinan di Jakarta.

Baca Juga: Anies Teken Pergub Nomor 93 Tahun 2021, Penggunaan Air Tanah di Jakarta Mulai Dilarang Tahun Depan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x