Kompas TV entertainment lifestyle

Serunya Belajar Soal Kesehatan di TikTok ala Ekida Rehan Firmansyah

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 16:24 WIB
serunya-belajar-soal-kesehatan-di-tiktok-ala-ekida-rehan-firmansyah
Ekida Rehan Firmansyah (ekidarehanf), kreator konten edukasi kesehatan di platform TikTok (Sumber: Dok. pribadi (TikTok))
Penulis : Gempita Surya | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Edukasi kesehatan di tengah banyaknya informasi yang beredar di internet jadi tantangan tersendiri bagi para kreator, terutama yang juga berprofesi sebagai praktisi kesehatan.

TikTok sebagai platform video singkat banyak dimanfaatkan sebagai inovasi untuk menyebarkan konten-konten edukatif, salah satunya juga dilakukan oleh Ekida Rehan Firmansyah melalui akun @ekidarehanf.

Saat bercerita kepada KompasTV, Selasa (28/12/2021), Ekida ternyata merupakan salah satu pelopor konten edukasi kesehatan di TikTok sejak awal tahun 2020.

Baca Juga: Aktif Beri Hiburan Bernilai Edukasi di TikTok, Dokter Kevin Mak Curi Perhatian

Dengan latar belakang pendidikan kesehatan yang dimiliki, ia aktif membagikan konten seputar kesehatan, hingga meluruskan hoaks yang beredar di masyarakat.

“Sebagai salah satu pioneer selain edukasi kesehatan aku ngebahas hoaks juga, dan meluruskan hoaks yang beredar, ternyata respon di masyarakat tinggi banget. Video-video aku hampir viral terus,” jelasnya.

Ingin ubah stigma soal konten edukasi

Mahasiswa kedokteran yang saat ini tengah menjalani koas atau dokter muda ini juga menceritakan motivasinya membangun konten seputar edukasi kesehatan di TikTok.

“Aku ingin mengubah stigma edukasi, apalagi edukasi kesehatan yang dianggap susah atau ngebosenin, kayak orang kan mikirnya di sosial media itu cari hiburan. Tapi dengan aku mengubah stigma bahwa edukasi itu bisa menyenangkan dan relate juga sama orang-orang, akhirnya orang tuh suka,” papar Ekida.

Baca Juga: Vina Muliana, Kreator TikTok yang Jadi Malaikat bagi Para Jobseeker

Setiap konten yang diunggah Ekida selalu mengedepankan informasi berbasis fakta, serta menuliskan referensi berdasarkan jurnal kesehatan atau pendapat dari pakar yang kompeten di bidangnya.

“Aku bikin edukasi yang meskipun belajarnya susah dari jurnal kedokteran, tapi aku translate ke bahasa yang awam, jadi masyarakat awam suka banget videoku dan ditonton mereka tuh bisa mengerti,” lanjutnya.

Pengalaman baru setelah jadi kreator edukasi

Ekida akui TikTok memberikan dampak yang besar baginya sebagai edukator kesehatan. Ia secara rutin mengunggah minimal 1 konten per harinya, dan kini akunnya sudah diikuti lebih dari 1 juta orang.

“Aku personally lebih suka ngebahas semuanya sih,semua yang lagi booming, yang dibutuhin penjelasannya. Aku dapat inspirasi konten dari pengguna lain yang mention aku, jadi aku banyak juga eksplor fitur-fitur di TikTok,” lanjut Ekida.

Selama menjadi seorang kreator edukasi, Ekida akui banyak keuntungan dan pengalaman baru yang diperoleh, salah satunya yakni bergabung dengan komunitas TikDoc dan berkesempatan menghadiri konferensi kesehatan internasional.

“Diundang langsung ke Bali ketemu orang-orang dari Kemenkes, jadi seneng sih sebagai konten kreator edukasi ternyata bisa berafiliasi dengan pemerintahan,” terang Ekida.

“Karena salah satu targetnya juga meningkatkan awareness, akhirnya mereka (Kemenkes) menjulurkan tangan ke generasi muda yang concern ke kesehatan itu, diikutandilkan untuk konten edukasi terutama untuk isu yang mereka bawa,” pungkasnya.

Baca Juga: Tangan Ajaib Boss Uye Ubah Korek Api Bekas Jadi Barang Berkelas, Punya Nilai Jual Tinggi, Lho!

Ekida Rehan Firmansyah merupakan salah satu dari 10 pemenang kompetisi #TauGaSih yang digelar TikTok sebagai perwujudan komitmen TikTok dalam menghadirkan kesempatan yang sama untuk belajar dan saling memberikan inspirasi.

Adapun kategori konten edukatif yang dilombakan dalam kompetisi #TauGaSih meliputi seputar sains dan eksperimen, fotografi dan videografi, DIY, seni, keuangan dan bisnis, kesehatan, pembelajaran sekolah, fun facts, motivasi, dan informasi berita.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x