Kompas TV internasional kompas dunia

Kebocoran Gas Beracun dari Kapal Tanker di India Tewaskan 6 Orang

Kompas.tv - 6 Januari 2022, 13:31 WIB
kebocoran-gas-beracun-dari-kapal-tanker-di-india-tewaskan-6-orang
Ilustrasi kapal tanker. Kebocoran gas di kapal tanker yang berada di Surat, India menewaskan enam orang pada Kamis (6/1/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Kebocoran gas beracun dari sebuah kapal tanker industri menewaskan sedikitnya enam orang pada Kamis (6/1/2022) di India.

“Selain itu, 25 orang lainnya dirawat di rumah sakit setelah mereka menghirup gas di sebuah kompleks industri di Surat, sebuah kota yang berada di negara bagian Gujarat,” kata petugas polisi Mahesh Patel, seperti dikutip dari The Associated Press.

Situs berita TimesNow melaporkan bahwa kebocoran gas terjadi ketika pengemudi mencoba membuang limbah ke saluran pembuangan dari truk tangki yang diparkir. Mereka yang terkena dampak sedang bekerja atau tidur di pabrik terdekat.

Baca Juga: Ledakan Besar di Bank Pakistan Sebabkan 15 Orang Tewas, Diyakini karena Kebocoran Gas

Kelalaian dan kurangnya norma keselamatan sering kali berkontribusi pada kecelakaan seperti itu di India.

Pada tahun 2020, kebocoran gas di pabrik kimia milik Korea Selatan menewaskan 12 orang dan membuat ratusan orang sakit di Vishakhapatnam, sebuah kota pelabuhan di negara bagian Andhra Pradesh.

Baca Juga: Dikira Kebocoran Gas, Ternyata Bau Menyengat Durian Bikin Warga Australia Panik

Gas yang bocor dari pabrik adalah styrene, yang digunakan untuk membuat plastik dan karet. Gas styrene adalah racun saraf dan dapat melumpuhkan orang dalam beberapa menit setelah terhirup.

Sebuah komite yang ditunjuk oleh pengadilan lingkungan tertinggi India menyalahkan kejadian ini pada kegagalan manusia yang fatal dan kurangnya norma-norma keselamatan dasar untuk kebocoran gas di pabrik.
 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x