Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Ingin Ada Botanical Garden, Luas IKN Ditambah Jadi 100 Hektare

Kompas.tv - 6 Januari 2022, 12:11 WIB
jokowi-ingin-ada-botanical-garden-luas-ikn-ditambah-jadi-100-hektare
Tangkapan layar - Presiden Jokowi saat membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022, di Jakarta, Senin (3/1). (Sumber: Antara)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menginginkan kompleks bangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur, mengakomodasi botanical garden. 

Oleh karena itu, desain yang semula luasnya 55 hektare diperluas menjadi 100 hektare untuk mengakomodasi botanical gardern. 

Demikian Desainer Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru Nyoman Nuarta menceritakan gambaran lebih rinci mengenai kompleks bangunan yang dirancangnya itu. 

"Sekarang di gambar (desain) luasnya 55 hektare, tetapi hasil pertemuan kemarin Pak Presiden ingin hutannya, yang dibuat kebun raya itu diperluas," ujar Nyoman dikutip dari Kompas.com, Kamis (6/1/2022). 

"Akhirnya disetujui luas menjadi 100 hektare. Jadi nambah 50 hektare lagi. Presiden ingin agar di bagian kiri, kanan, dan depan nanti dibuat untuk hutan hijau," katanya. 

Baca Juga: Jokowi Setuju, Ini Penampakan Desain Istana Negara IKN Baru Karya Nyoman Nuarta yang Banjir Pujian

Dalam penjelasannya, Nyaman menuturkan lokasi yang menjadi tempat pembagunan Istana Negara IKN merupakan hutan produksi yang ditanami pohon Eukaliptus. 

Hutan tersebut saat ini digunakan untuk mendukung produksi kertas, dan kondisinya menjadi gundul. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x