Kompas TV regional berita daerah

Nakes Tenangkan Siswa yang Takut Jarum Saat Vaksinasi

Kompas.tv - 6 Januari 2022, 11:49 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Ratusan siswa di SDN 2 Rawa Laut Bandar Lampung pada Rabu (5/1/2022) pagi mengikuti gelaran vaksinasi merdeka yang dilaksanakan secara serentak di berbagai daerah.

Pada pelaksanaannya, satu per satu siswa dengan didampingi orang tua mengikuti berbagai tahapan vaksinasi. Mulai dari registrasi berkas, cek kesehatan hingga apabila dinilai aman, maka petugas akan melakukan penyuntikan vaksin.

Namun, saat hendak dilakukan penyuntikan vaksin yang diperuntukkan bagi anak usia 6-11 tahun ini, para siswa justru menunjukkan beragam respons. Ada yang menjerit hingga menangis, lantaran takut akan jarum suntik.

Baca Juga: Capaian Taget Vaksinasi, Jadi Syarat PTM Secara Penuh

Untuk itu, tenaga kesehatan (nakes) berupaya menenangkan para siswa hingga bersedia melakukan vaksinasi Covid-19

“Takut, takut sama suntikannya, tapi sekarang sudah gak sakit,” kata Valen siswa kelas 2 sekolah dasar yang mengikuti vaksinasi merdeka anak.

Sementara saat dijumpai, Sukarma Wijaya selaku Asisten 1 Bidang Pemerintahan Bandar Lampung menuturkan bahwa gelaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan dilakukan secara rutin di setiap sekolah di Kota Bandar Lampung.

Hal ini dilakukan agar pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh pada Februari mendatang dapat segera dilaksanakan.

“Hari ini vaksinasi di lingkungan SD Rawa Laut, ada sekitar 580 anak. Kalau untuk target ada sekitar 35 ribu anak rencananya seminggu selesai,” ujar Sukarma.

Selain itu, upaya penyisiran terhadap anak yang belum divaksin juga akan dilakukan dengan berkoordinasi bersama aparat kelurahan hingga desa.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Lembah Hijau Siapkan Vaksinasi Pengunjung

Setidaknya, sebanyak 580 siswa telah mengikuti vaksinasi merdeka yang ditargetkan akan rampung dalam waktu dekat.

#vaksinasianak #vaksinasimerdeka #covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x