Kompas TV olahraga kompas sport

Komentar Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Kalah dari Thailand

Kompas.tv - 2 Januari 2022, 04:05 WIB
komentar-shin-tae-yong-usai-timnas-indonesia-kalah-dari-thailand
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak menyangka timnya kalah telak dengan skor 0-4 dari Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021). (Sumber: AFF Cup)

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia sudah dipastikan kembali menjadi runner-up Piala AFF 2020, setelah ditahan imbang 2-2 Thailand pada leg kedua.

Menanggapi hasil ini, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak mau mengecilkan perjuangan yang telah ditunjukkan anak-anak Garuda saat menghadapi Thailand di leg kedua.

"Sudah selesai final leg pertama dan leg kedua. Untuk leg pertama memang kita tidak bisa melakukan permainan yang kami inginkan," kata Shin Tae-yong pada konferensi pers setelah pertandingan leg kedua, Sabtu (1/1/2022).

"Tetapi leg kedua membaik setelah leg pertama. Memang sangat-sangat bekerja keras, memang melakukan permainan yang kita inginkan, jadi untuk itu saya ingin memuji para pemain kami," imbuhnya.

Pujian Shin Tae-yong memang bukan basa-basi. Skuad Garuda menunjukkan keinginannya untuk memenangi pertandingan, meski berat untuk mengejar agregat 0-4 hasil dari leg pertama.

Buktinya, melalui Ricky Kambuaya, Timnas Indonesia mampu mencetak gol cepat ke gawang Thailand pada menit ketujuh.

Selain itu, ketika tertinggal 2-1, Timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan setelah Egy Maulana Vikri menyelesaikan umpan dari Witan Sulaeman di menit ke-80.

Sayangnya, perjuangan skuad Garuda harus berhenti setelah wasit meniup peluit panjang.

Inilah jalannya pertandingan leg kedua Final Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia.

Baca Juga: Hasil Final Piala AFF 2020: Berjuang hingga Akhir, Timnas Indonesia kembali Jadi Runner-up

Jalannya Pertandingan Thailand vs Indonesia

Babak pertama, timnas Indonesia sejatinya mampu unggul 1-0, setelah gol cepat Ricky Kambuaya saat laga baru berjalan 7 menit.

Berawal dari Ramai Rumakiek yang berlari dari sisi kanan, dia berhasil mengirim bola ke Witan Sulaeman dan langsung memberikan umpan pada Ricky Kambuaya.

Tendangan keras Kambuaya gagal diamankan kiper Thailand. 0-1 untuk Indonesia.

Tertinggal satu gol, timnas Thailand keluar menyerang.

Thanawat Suengchitthawon melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun masih bisa ditepis oleh kiper Nadeo Arga Winata pada menit ke-19.

Babak kedua, timnas Thailand mengganti dua pemain. Adisak Kraisorn menggantikan Teerasil Dangda, dan Phitiwat Sookjitthammakul menggantikan Thanawat Suengchitthawon.

Pergantian terbukti jitu setelah Adisak Kraisorn mampu menyamakan kedudukan 1-1 lewat golnya di menit 54.

Adisak Kraisorn memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia dengan melepaskan tendangan ke arah kiri gawang yang tidak bisa ditepis Nadeo Argawinata.



Sumber : Kompas TV/Bolasport.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x