Kompas TV nasional peristiwa

Malam Tahun Baru: Tol Jagorawi Arah Puncak Macet Panjang

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 20:45 WIB
malam-tahun-baru-tol-jagorawi-arah-puncak-macet-panjang
Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Aturan ganjil genap motor dan mobil belum diterapkan karena masih menunggu evaluasi. (Sumber: KOMPAS.COM/MAULANA MAHARDHIKA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terjadi kemacetan lalu lintas panjang di jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) ke arah Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/12/2021) malam.

Dalam pantauan Kompas TV, kemacetan terjadi akibat meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak meski telah diberlakukan penutupan di Kawasan Bogor.

Lalu lintas semakin mengular dengan tumpukan masyarakat yang ingin memanfaatkan libur panjang tahun baru atau melakukan wisata ke Kawasan Puncak.

Baca Juga: Ada Wacana Penutupan Tol Jagorawi pada Malam Pergantian Tahun

Kemacetan diprediksi akan semakin panjang karena penumpukan kendaraan usai jam pulang kantor.

Petugas tampak mengurai kepadatan kendaraan dengan memberlakukan sistem contra flow di ruas tol menuju Bogor. Contra flow mulai diberlakukan dari pintu masuk Halim, Jakarta Timur.

Meski demikian kemacetan diprediksi hingga Jumat (31/12) tengah malam nanti. 

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Saat Malam Tahun Baru

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi sebelumnya menegaskan tak ada pentutupan akses jalan Tol Jagorawi pada momen libur Tahun Baru 2022.

"Tidak ada penutupan jalan di (Tol) Jagorawi, semua kegiatan titik-titik berada di kebijakasanaan-kebijaksanaan di daerah yang masing-masing tentunya berbeda," jelas Firman, Jumat (31/12) kepada Kompas TV.

"Dari awal kegiatan kita ini kegiatan kemanusiaan dan penyadaran masyarakat, tidak ada kegiatan penyekatan dan sebagaunya, pos penyekatan juga tidak ada kita dengar selama kita operasi," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya wacana penutupan akses Tol Jagorawi pada Tahun Baru 2022 disampaikan oleh pihak Jasa Marga.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Tri Wahyu Subekti menjelaskan, penutupan akses dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan layanan Tol Jagorawi, yang saat ini masih menjadi jalur favorit pengguna jalan menuju ke Puncak/Bogor dan daerah wisata di sekitarnya.

Meski demikian penutupan akses ini akan dilakukan jika ada diskresi dari Kepolisian Resort (Polres) Bogor setelah kondisi volume lalu lintas mengalami kepadatan.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x