Kompas TV nasional agama

Dear Warga Muhammadiyah, Ini 4 Faktor Penting Menurut Ketum Haedar Nashir sebagai Refleksi 2021

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 08:23 WIB
dear-warga-muhammadiyah-ini-4-faktor-penting-menurut-ketum-haedar-nashir-sebagai-refleksi-2021
Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir sampaikan 3 refleksi penting untuk 2021, warga Muhammadiyah harus menyimaknya (Sumber: Situs Resmi Muhammadiyah.or.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan catatan penting dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2021 pada Rabu (29/12/2021).

Bagi masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah, 4 hal ini penting sebagai bahan refleksi akhir tahun 2021. Hal pertama yang disinggung ialah aspek kebangsaan.

Menurutnya, meski bangsa ini cenderung mengalami stagnasi dan distorsi, namun masih terdapat banyak kemajuan, seperti dalam kehidupan demokrasi dan HAM, terutama pasca reformasi.

“Kalau kita analisis perkembangan kehidupan kebangsaan kita, termasuk keagamaan, kita selalu menghadapi problem-problem yang bersifat aspektual tetapi juga kita mengalami progress di dalam kehidupan ini, misalnya, demokrasi, HAM, dan lain-lain,” tuturnya dalam acara yang diikuti KOMPAS.TV secara daring, Rabu.

Itulah refleksi pertama sebagai aspek kebangsaan yang layak jadi renungan sebagai bahan refleksi.

Guru Besar Sosiologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini juga membahas masalah keagamaan sebagai refleksi kedua renungan 2021.

Menurutnya, agama merupakan urat nadi bangsa Indonesia yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan keberadaannya diakui secara konstitusional dan dibuktikan oleh para sejarawan.

Karenanya, menurut Haedar, pengabaian terhadap agama dalam berbagai aspek kehidupan merupakan satu sikap ahistoris sekaligus inkonstitusional.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Dirikan Lembaga Pendidikan di Australia, Namanya Muhammadiyah Australia College

Biarpun demikian, Haedar mengakui masih banyak persoalan di internal umat Islam.

Persoalan tersebut salah satunya masih banyak umat Islam yang tidak mencerminkan nilai-nilai wasathiyah dalam kehidupan.

Padahal, prinsip wasathiyah dapat ditemukan pada ayat Alquran dan banyak hadis Nabi Muhammad.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x