Kompas TV olahraga kompas sport

Final Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Tak Menyangka Indonesia Kalah Telak dari Thailand

Kompas.tv - 30 Desember 2021, 00:05 WIB
final-piala-aff-2020-shin-tae-yong-tak-menyangka-indonesia-kalah-telak-dari-thailand
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak menyangka timnya kalah telak dengan skor 0-4 dari Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021). (Sumber: AFF Cup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak menyangka timnya akan kalah dengan skor telak dari Thailand di final Piala AFF 2020.

Dalam laga leg pertama yang digelar di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021), skuad Garuda harus mengakui keunggulan pasukan Gajah Perang dengan skor 0-4.

Kapten Thailand Chanathip Songkrasin, menjadi momok utama bagi Indonesia berkat dua golnya di awal babak pertama dan babak kedua. 

Sementara dua gol lain dari Thailand dicetak oleh Supachok Sarachart dan Bordin Phala yang semakin menambah derita Timnas Indonesia. 

Dengan kekalahan 0-4 di leg pertama ini, Indonesia sangat sulit untuk membalikkan keadaan di leg kedua. 

Witan Sulaeman dkk dituntut setidaknya harus menang dengan selisih empat gol untuk memaksa pertandingan berlanjut ke waktu tambahan. 

Jika ingin langsung memenangkan pertandingan, Indonesia harus menang dengan selisih lima gol yang tentunya sangat sulit diraih. 

Terlebih lagi, secara permainan di laga tadi, performa yang ditampilkan Indonesia terlihat berbeda jauh dari kualitas yang ditunjukkan oleh Thailand. 

Baca Juga: Shin Tae-yong: Andai Peluang Alfeandra Dewangga Menjadi Gol...

Tim asuhan Alexandre Polking itu sangat dominan dalam penguasaan bola dan unggul dalam mentalitas bermain daripada Indonesia. 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bahkan juga tak menyangka timnya kalah dengan skor telak dari Thailand. 

Namun, coach STY mengakui memang timnya masih belum berpengalaman. Terlebih lagi, banyak pemain yang baru pertama kali merasakan atmosfer di pertandingan final Piala AFF 2020.

"Saya tidak menyangka akan kalah sebanyak ini, tapi memang para pemain Indonesia belum memiliki banyak pengalaman," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai pertandingan.

"Ini bahkan final pertama untuk mayoritas banyak pemain saya. Tapi leg pertama sudah berakhir."

"Sekarang saatnya untuk kembali pulih dan melihat ke depan. Indonesia memang kalah telak, tapi tetap menunjukkan permainan maksimal dan akan berusaha lebih baik di leg kedua," tutur Shin Tae-yong. 

"Mungkin kami tidak akan mengalahkan Thailand untuk memenangkan leg kedua. Tapi kami tidak akan menyerah, dan bola itu bulat, siapa yang tahu apa yang akan terjadi, kami akan mencoba melakukan semua yang saya bisa untuk membalas dukungan para penggemar," pungkas Shin. 

Laga leg kedua final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand akan digelar pada Sabtu (1/1/2022) akhir pekan ini.

Baca Juga: Indonesia Kalah 0-4 dari Thailand, Shin Tae-yong Tegaskan Belum Menyerah dan akan Terus Berjuang

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x