Kompas TV regional berita daerah

Perwakilan Massa Buruh Bertemu Gubernur Jabar

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 17:13 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Gabungan serikat buruh dari jawa barat kembali unjuk rasa di depan gedung sate kota bandung massa meminta kenaikan UMK jabar dapat di revisi minimal 5,1%,  namun gubernur jawa barat menegaskan bahwa, revisi dari PP nomor 36 tahun 2021 bukan kewenganang dari gubernur jawa barat.

Unjuk rasa besar-besaran kembali di gelar oleh gabungan serikat buruh serikat pekerja se-jawa barat, massa sejak pagi hari sudah berkumpul dan melakukan orasi  di gedung pakuan yang merupakan rumah dinas gubernur jawa barat.

Kemudian massa melanjutkan unjuk rasa di depan gedung sate kota bandung massa menuntut agar keputusan gubernur di revisi dengan menaikan UMK minimal 5,1 persen seperti yang dilakukan oleh gubernur DKI Jakarta.

Perwakilan  kemudian diberikan kesempatan audensi dengan gubernur jawa barat untuk menyampaikan tuntutannya secara langsung.

Menurut ridwan kamil pemerintah provinsi jawa barat akan tetap patuh pada pp nomor 36 tahun 2021 gubernur jawa barat tidak memiliki kewenangan untuk mengoreksi berbeda dengan gubernur DKI Jakarta.

Ridwan kamil menegaskan bahwa pp nomor 36 tahun 2021 hanya mengatur lima persen dari buruh yaitu buruh yang belum bekerja diatas satu tahun namun jika buruh sudah bekerja lebih dari satu tahun dapat di negosiasikan dengan instansi atau pengusaha terkait kenaikan dengan  3,27% sampai dengan 5%.

Menurut ketua kspi jawa barat dirinya mengapresiasi dengan adanya penawaran inovasi dari gubernur jawa barat namun serikat buruh mengusulkan bahwa ridwan kamil harus mengeluarkan peraturan gubernur jabar mengenai batas waktu untuk karyawan kontrak.

Selanjutnya gabungan serikat kerja serikat buruh akan segera merundingkan dan merumuskan secara internal untuk menentukan langkah selanjutnya.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x