Kompas TV nasional politik

Kata Ketua Komisi X DPR RI ke Ketum PSSI Iwan Bule: Jangan Recoki Timnas!

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 12:43 WIB
kata-ketua-komisi-x-dpr-ri-ke-ketum-pssi-iwan-bule-jangan-recoki-timnas
Ketua Komisi X Syaiful Huda di Gedung DPR (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta kepada Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule untuk mengurungkan niat masuk ke ruang ganti pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia saat leg kedua final Piala AFF 2020 melawan Thailand, Sabtu (1/1/2022). 

Menurut dia, keinginan Iwan Bule itu akan mengganggu dan mengundang polemik di publik di tengah-tengah para pemain timnas sedang berkonsentrasi menyongsong laga pamungkas nanti.

"Final kita kali ini ditunggu-tunggu oleh publik Indonesia yang ingin timnas sepak bola kita menang, jangan direcoki oleh hal-hal di luar teknis," kata Syaiful kepada KOMPAS.TV, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: Iwan Bule Ingin Masuk Ruang Ganti Timnas, Wakil Ketua Komisi X: Jangan Paksakan Diri

Politikus PKB itu mengaku memahami niat baik dari Iwan Bule untuk memotivasi para pemain Timnas yang akan berlaga nanti. 

"Saya kira semua pihak harus menahan diri agar tidak pada posisi untuk menabrak regulasi yang sudah ada. Walaupun semangatnya ingin mendampingi, dan seterusnya," ujarnya. 

Menurut dia, Iwan Bule harus menunjukkan sikap pemimpin yang baik, yakni dengan tidak menabrak aturan meski niatnya ingin memotivasi para pemain besutan pelatih Shin Tae-yong yang akan berlaga dalam turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Tidak harus sampai harus minta izin ke pihak AFF dan seterusnya. Saya kira belum perlu model support yang bersifat menabrak regulasi, saya kira belum perlu," katanya.

Sebelumnya, rencana Iwan Bule untuk masuk ke ruang ganti dipaparkannya melalui kanal YouTube pribadinya, Senin (27/12) malam WIB.

Asnawi Mangkualam dan Evan Dimas Darmono sempat bertanya soal rencana kedatangan Iriawan ke Singapura. Iriawan menjawab akan ke Singapura saat final leg kedua Piala AFF 2020 dan menyampaikan rencana masuk ke ruang ganti timnas Indonesia.

"Saya tanggal 31 (Desember) ke sana. Saya usahakan bisa turun ke tempat ganti pakaian (ruang ganti). Saya lagi izin ke AFF," kata Iriawan.

Baca Juga: Ketum PSSI Ungkap Timnas Indonesia Dalam Optimisme Tinggi di Final Piala AFF 2020

Melansir dari Kompas.com, Selasa (28/12) Iwan Bule pun mengonfirmasi rencananya ke Singapura dan masuk ke ruang ganti.

"Insyaallah," balasnya. Dia kemudian juga mempertanyakan kenapa rencananya itu menjadi polemik.

"Kenapa polemik? Kenapa berharap begitu (ke ruang ganti). Kan izin dulu sama mereka (AFF) Kepengen saya begitu, boleh dong," kata jenderal purnawirawan polisi bintang tiga itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x