Kompas TV nasional update

Covideoskop 2021, Kaleidoskop terkait Covid-19 di Indonesia Sepanjang 2021

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 11:36 WIB
covideoskop-2021-kaleidoskop-terkait-covid-19-di-indonesia-sepanjang-2021
Dinas Perhubungan bersama dengan Polres Bantul menutup simpang empat Jalan Parangtritis dan Imogiri Barat saat penerapan PPKM darurat. (Sumber: istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah peristiwa terkait Covid-19 terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2021, mulai dari kasus tertinggi di Asia Tenggara hingga kasus pertama Varian Omicron.

KOMPAS.TV merangkum beberapa peristiwa tersebut. Berikut kaleidoskop mengenai peristiwa terkait Covid-19 di Indonesia:

- 26 Januari 2021:

Kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 1 juta lebih, menjadikan Indonesia negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara.

Pada Selasa (26/1/2021), Indonesia melaporkan tambahan 13.094 kasus infeksi virus corona. Sehingga total kasus infeksi di Indonesia mencapai 1.012.350 kasus.

Angka ini lebih banyak dari total seluruh kasus di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Sementara itu, kasus aktif di Indonesia kala itu mencapai 163.526 kasus. Saat itu angka kematian akibat Covid-19 sebanyak 28.468 orang.

Baca Juga: Kaleidoskop 2021: 15 Artis Tanah Air Meninggal akibat Covid-19 hingga Kecelakaan Tragis

- 9 Februari 2021:

Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga tingkat RT/RW mulai 9 Februari hingga 22 Februari 2021.

Penerapan PPKM Mikro disesuaikan dengan data perkembangan kasus untuk menekan kasus positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Senin (8/2).

“Tujuan utama PPKM Mikro adalah untuk menekan kasus positif dan melandaikan kurva sebagai prasyarat utama keberhasilan dalam penanganan COVID-19. Selain itu tentu sekaligus sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu disiapkan skenario pengendalian dengan titik tekan pada level terkecil yaitu di RT/ RW yang ada di Desa/ Kelurahan,” kata Airlangga Hartarto seperti dikutip dari Setkab.go.id.

Airlangga menambahkan agar skenario pengendalian lebih terkontrol baik, perlu dibentuk Posko yang melakukan 4 fungsi yaitu Pencegahan, Penanganan, Pembinaan, dan Pendukung operasional penanganan Covid-19 di Desa/Kelurahan. Skenario pengendalian dilakukan dengan memaksimalkan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment), isolasi pasien positif dan kontak erat, pembatasan mobilitas dan pergerakan serta penyediaan kebutuhan pokok (bantuan beras dan masker).

- 10 Februari 2021:

Kementerian Kesehatan menetapkan penggunaan tes diagnostik cepat berbasis antigen sebagai metode untuk menegakkan diagnosis dan menelusuri kontak penderita COVID-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, tes rapid antigen dilakukan secara gratis untuk masyarakat di 98 kabupaten/kota penyelenggara pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Menurutnya, tes rapid antigen gratis di 98 daerah penyelenggara PPKM merupakan program pemerintah. Tujuannya untuk mendukung pelacakan (tracing), pemeriksaan (testing) dan perawatan (treatment) atau 3T sehingga bisa menekan kasus Covid-19 di daerah penyelenggara PPKM.

"Sehingga kalau masyarakat merasa ada gejala Covid-19, lalu ingin tahu dia positif atau tidak, silakan datang ke Puskesmas," kata Nadia.

Masyarakat dipersilakan datang ke Puskesmas jika merasa ada gejala Covid-19 dan mengikuti pemeriksaan tes rapid antigen.

"Tes (rapid antigen) dan tracing pada PPKM tidak ada beban pembiayaan," ujar Nadia dalam konferensi pers daring yang ditayangkan YouTube Kemenkes, Rabu (10/2).

- 18 Maret 2021:

Tim bulu tangkis Indonesia dipaksa mundur dari turnamen All England 2021 usai dihubungi oleh National Health Service dan diperintahkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 10 hari.

Hal ini dikarenakan saat perjalanan dari Istanbul, Turki menuju Birmingham, Inggris, tim Indonesia satu pesawat dengan penumpang yang positif Covid-19.

Kabar mengejutkan ini diterima tim Indonesia pada Rabu malam 17 Maret 2021 setelah dihubungi pemerintah Inggris.

Manajer tim Indonesia, Ricky Soebagdja mengaku kaget dengan keputusan ini.

Sesuai dengan regulasi pemerintah Inggris jika berada dalam satu pesawat dengan orang yang positif Covid-19, maka seluruh atlet dan official harus menjalani isolasi selama 10 hari.

Ketua Umum PBSI, Agung Firman mengaku kecewa dengan keputusan yang membuat tim bulu tangkis Indonesia dipaksa mundur dari All England 2021.

- 7 April 2021:

Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covud-19) Selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah, guna melarang masyarakat untuk melakukan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Dikutip dari lembaran SE tersebut pada Kamis (8/4), ditegaskan bahwa pemerintah menetapkan peniadaan mudik untuk sementara bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi darat, kereta api, laut, dan udara lintas kota/kabupaten/provinsi/negara.

Hal itu bertujuan sebagai upaya pengendalian mobilitas selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Baca Juga: Kaleidoskop Prestasi Olahraga Indonesia 2021: Tradisi Emas Olimpiade dan Bawa Pulang Piala Thomas

Adapun, periode peniadaan mudik Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah adalah pada 6-17 Mei 2021.

Sementara itu, upaya pengendalian Covid-19 berlaku selama bulan suci Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x