Kompas TV olahraga kompas sport

Final Piala AFF 2020: Pelatih Thailand Puji Keluwesan Taktik Timnas Indonesia

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 10:25 WIB
final-piala-aff-2020-pelatih-thailand-puji-keluwesan-taktik-timnas-indonesia
Timnas Indonesia hanya bermain imbang 1-1 melawan Singapura di pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Pelatih Thailand Alexandre Polking menyatakan siap menghadapi taktik yang diterapkan Shin Tae-yong pada Tim Nasional Indonesia pada final Piala AFF 2020. 

Keluwesan taktik Tim Nasional Indonesia dinilainya akan sangat menyulitkan Thailand. Polking merujuk pada strategi menyerang maupun bertahan yang dimainkan oleh Timnas Indonesia. 

Indonesia akan duel dengan Thailand pada dua leg final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura. Rabu (29/12/2021) malam WIB, leg pertama dilangsungkan. 

Sepanjang laga Piala AFF 2020, timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong tampil impresif sekaligus agresif. 

Baca Juga: Final Piala AFF 2020: Prediksi Pemain Indonesia vs Thailand

Indonesia belum pernah kalah dan menjadi tim paling produktif dengan catatan 18 gol dari 6 pertandingan. 

Skuad Garuda mampu pula menerapkan taktik bertahan.

Keluwesan taktik Shin Tae-yong dipuji oleh Alexandre Polking yang menukangi strategi Thailand. Dalam hal bertahan, ia mencontohkan laga terakhir Grup B Timnas Indonesia. 

"Semua tahu Indonesia punya pertahanan yang baik. Mereka sudah membuktikannya pada laga melawan Vietnam," kata Polking dalam sesi konferensi pers jelang leg pertama final Piala AFF 2020, Selasa (28/12/2021).

Pada laga kontra  Vietnam itu, Shin Tae-yong meracik strategi bertahan untuk anak asuhnya. Hasilnya, skuad Garuda menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0. 

Skuad Garuda sukses membuat Nguyen Quang Hai dan kolega frustrasi.

Vietnam, yang merupakan tim eksplosif, berkali-kali menggedor pertahanan timnas Indonesia. Sebanyak 23 tembakan dilesakkan Vietnam selama 90 menit pertandingan. Tetapi, hanya satu tendangan yang mengarah ke gawang Indonesia. 

Baca Juga: Pelatih Thailand Tak Pikirkan Nasib Sial Timnas Indonesia di Final Piala AFF

"Hasil imbang itu membantu mereka menjadi pemuncak grup," kata Polking. "Pada laga tersebut, Indonesia bertahan dengan sangat baik."

"Namun, pada laga melawan Laos, Kamboja, dan Singapura, Indonesia juga membuktikan bahwa mereka bisa menyerang dengan sangat baik."

Polking mengaku sudah siap dengan segala kemungkinan dalam laga final Piala AFF 2020 kontra Indonesia nanti.

"Kami harus siap dengan segala kemungkinan. Kami masih memiliki waktu untuk melihat menit-menit awal pertandingan (leg pertama) untuk mengetahui bagaimana Indonesia akan bermain."

Baca Juga: Hanya Makan Nasi Kotak di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Khawatirkan Fisik Skuad Timnas Indonesia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x