Kompas TV nasional update

Matangkan Persiapan G20, Kemnaker Latih Tim LO demi Nama Baik Indonesia

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 16:28 WIB
matangkan-persiapan-g20-kemnaker-latih-tim-lo-demi-nama-baik-indonesia
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi. (Sumber: Kemnaker)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali melatih tim Liaison Officers (LO) yang akan bertugas di forum G20.

Pelatihan yang digelar oleh Kemnaker tersebut juga diberikan pada seluruh pemangku kepentingan untuk mematangkan persiapan penyelenggaraan Forum G20 Employment Working Group (EWG) dan Labour Employment Ministerial Meeting (LEMM) Presidensi Indonesia Tahun 2022.

Dalam pelatihan itu, para LO memperoleh pembekalan mendalam mengenai tugas, fungsi, dan hal-hal yang harus dipahami LO sebagai pendamping dan pelayan para delegasi dari negara-negara anggota G20, organisasi internasional, dan negara undangan.

Baca Juga: Menlu AS Blak-blakan soal Hubungan dengan China hingga Dukungan pada Indonesia Pimpin G20

"Peningkatan kapasitas hari ini, bertujuan agar LO memperoleh gambaran sehingga nantinya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,"  ujar Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi, di Jakarta, Selasa (28/12/2021), melalui keterangan tertulis.

Pelayanan yang diberikan oleh Indonesia selaku tuan rumah, menurut Anwar merupakan salah satu kunci kesuksesan penyelenggaraan G20.

Oleh sebab itu, dia berharap para LO memberikan pelayanan maksimal kepada para delegasi dan mempersiapkan diri secara baik.

Salah satu persiapannya adalah dengan memperoleh pembekalan dari pakar-pakar berpengalaman dalam mengelola pertemuan internasional.

"Kami berharap para LO akan bersungguh-sungguh dalam menjalani pelatihan ini dan memahami tugas dan fungsinya sebagai LO,” kata dia.

“Sehingga pada hari-H dapat bekerja semaksimal mungkin, secara excellent, untuk membawa nama baik Kemnaker dan Indonesia di mata dunia internasional yang mendukung kesuksesan pertemuan-pertemuan G20 Presidensi Indonesia.”

Presidensi Indonesia di G20 sudah resmi dimulai sejak 1 Desember 2021 dan Kemnaker selaku focal point bidang ketenagakerjaan juga telah menyelenggarakan Kick Off G20 pada tanggal 9 Desember 2021 lalu.

Baca Juga: Bertemu Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Jokowi Sampaikan Prioritas Indonesia di G20

Pada acara tersebut seluruh panitia penyelenggara G20 EWG Presidensi Indonesia, termasuk tim teknis dan LO telah berkomitmen untuk menyukseskan Presidensi G20 Indonesia tahun depan.

"Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan persiapan yang matang bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk tim LO yang akan bertugas,"  ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x