Kompas TV nasional peristiwa

Pernyataan Lengkap Kemenkes Transmisi Lokal Omicron, Pasien ke 47 Tidak Punya Riwayat ke Luar Negeri

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 12:58 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengumumkan kasus positif Covid varian Omicron di Indonesia bertambah satu menjadi 47 kasus.

Namun kasus terbaru itu merupakan kasus transmisi lokal virus corona varian Omicron di Indonesia.

"Kami sampaikan adanya satu kasus transmisi lokal Omicron di Indonesia sehingga hingga hari Selasa 28 Desember terdapat 47 kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia di mana 46 kasus adalah kasus impor dan satu kasus transmisi lokal," kata Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers daring, Selasa (28/12/2021).

Pasien yang dimaksud merupakan seorang pria yang sempat mengunjungi Restoran di SCBD.

Baca Juga: Temuan Varian Omicron Semakin Intens, Pemerintah Rencanakan Perpanjang Masa Karantina!

Pada proses tracing yang dilakukan Kemenkes, yang bersangkutan ternyata tidak keluar negeri, ataupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

“Pasien tersebut tinggal bersama istrinya di Medan dan mengunjungi Jakarta satu bulan sekali. pasangan suami istri tersebut tiba di Jakarta pada 6 Desember. Kemudian, pada 17 Desember keduanya sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD. Selanjutnya, saat hendak kembali ke Medan pada 19 Desember, keduanya melakukan tes antigen dan dinyatakan positif.”jelas Siti pada media.

Lebih lanjut pasien tersebut melakukan PCR pada tanggal 20 Desember dan konfirmasi Omicron didapatkan dari laboratorium pada tanggal 26 Desember.

Kemenkes pastikan pasien tersebut kini dalam proses evakuasi untuk melakukan isolasi di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta.

Video Editor: Faqih




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x