Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Mulai 1 Januari 2022, Penerbangan Dialihkan ke Sini

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 07:17 WIB
bandara-halim-perdanakusuma-ditutup-mulai-1-januari-2022-penerbangan-dialihkan-ke-sini
Kementerian Perhubungan menyatakan Bandara Halim Perdanakusuma akan mulai ditutup sementara pada 1 Januari 2021, seiring dimulainya program revitalisasi bandara (28/12/2021). (Sumber: Bandara Halim Perdanakusuma )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Perhubungan menyatakan, Bandara Halim Perdanakusuma akan mulai ditutup sementara pada 1 Januari 2022. Hal itu seiring dimulainya proyek revitalisasi Bandara Halim.

Saat Bandara Halim ditutup, penerbangan komersial akan dipindah ke bandara lain.

"Operasionalnya akan dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto Curug," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Bandara Halim Akan Ditutup, Pengamat Penerbangan: Ruang Tunggu hingga Runway Sudah Tak Layak

Adita menambahkan, proses revitalisasi dan pemindahan penerbangan memerlukan Peraturan Presiden (Perpres). Sehingga Kemenhub belum bisa memastikan kapan pemindahan  dilaksanakan, sampai Perpres diterbitkan.

"Perpindahan operasional pesawat udara sipil dilaksanakan setelah diterbitkannya Perpres dimaksud," ujar Adita.

Baca Juga: Profil Bandara Halim yang Bakal Ditutup, Dulu Bernama Lapangan Terbang Cililitan

Dalam rencana awal, Bandara Halim akan ditutup selama 9 bulan. Kemenhub menyatakan, pertimbangan revitalisasi adalah alasan keselamatan. Pemerintah ingin melakukan perbaikan menyeluruh di Bandara Halim. Baik dari segi tata ruang, tata wilayah, hingga pelayanan di Bandara Halim.

Selain itu, Bandara Halim juga dipersiapkan untuk menerima para tamu negara saat acara KTT G20 pada tahun 2023 mendatang.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x