Kompas TV nasional politik

Hasil Survei Politika: Elektabilitas Ganjar di Atas Prabowo Subianto, Anies Terus Membuntuti

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 15:19 WIB
hasil-survei-politika-elektabilitas-ganjar-di-atas-prabowo-subianto-anies-terus-membuntuti
Kolase Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang punya hasil survei imbang capres 2024 dari hasil survei Litbang Kompas. (Sumber: Tribun Manado)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Lembaga Politika Research & Consulting melakukan survei terkait elektabilitas sosok calon presiden (capres) yang digadang-gadang akan berlaga di perhelatan Pilpres 2024 mendatang. 

Adapun, dari 15 nama yang disimulasikan keluar nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dengan nilai elektabilitas sebesar 25 persen. Selanjutnya, peringkat kedua jatuh kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 22,9 persen. 

Baca Juga: Hasi Survei: Mayoritas Pemilih PDIP Ingin Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di peringkat ketiga dengan nilai 12,4 persen. Sementara, Menparekraf Sandiaga Uno  membuntutinya di posisi keempat dengan elektabilitas 9,4 persen.

Selanjutnya ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,8 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 5,2 persen di peringkat keenam.

Dalam survei yang sama, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,9 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,6 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,4 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani 1,1 persen.

Tak hanya itu, nama Menteri KKP Susi Pudjiastuti memperoleh nilai 0,9 persen, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 0,8 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 0,6 persen, serta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh 0,4 persen dan responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 10,6 persen.

“Ketika kita simulasi dengan 15 nama, maka Ganjar Pranowo sudah mendahului peringkat dari Prabowo Subianto yang selama ini di selalu ada di rentang margin of error,” kata Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting Rio Prayogo dalam pemaparannya, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: Hasil Survei: Pasangan Ganjar-Sandiaga Kalahkan Prabowo-Puan

Sebagai informasi, survei dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 12 November-4 Desember 2021 dengan jumlah 1.600 responden berusia minimal 17 tahun.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling di setiap provinsi yang diambil secara proporsional dengan data jumlah penduduk pada Pilpres 2019. Survei memiliki margin of error 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x