Kompas TV nasional peristiwa

Mbah Minto Artis Parodi Gagal Mudik Sempat Dirawat 10 Hari di RS Sebelum Meninggal Dunia

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 13:13 WIB
mbah-minto-artis-parodi-gagal-mudik-sempat-dirawat-10-hari-di-rs-sebelum-meninggal-dunia

Mbah Minto yang viral lewat video parodi gagal mudik meninggal dunia (Sumber: Youtube/UcupKlaten)

Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Mbah Minto, Youtuber asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, meninggal dunia, Rabu (22/12/2021) malam.

Mbah Minto, warga Kabupaten Klaten yang dikenal sebagai pemeran dalam konten YouTube, sempat menjalani perawatan selama 10 hari di rumah sakit sebelum meninggal dunia pada usia 85 tahun.

Sudiono, salah satu anak Mbah Minto, mengatakan bahwa ibunya sakit sejak sepuluh hari lalu. Menurut dia, sebelumnya Mbah Minto pernah didapati tidak sadarkan diri di kamar mandi oleh salah satu cucunya.

"Sebelum meninggal sempat dirawat di rumah sakit sekitar sepuluh hari, dalam keadaan tidak sadar. Simbah memang punya riwayat darah tinggi," katanya sperti dilaporkan Antara, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga: Sempat Jatuh di Kamar Mandi dan Jalani Operasi, Ini Kronologi Meninggalnya Mbah Minto

Nama Mbah Minto mulai dikenal setelah setelah video komedi yang berjudul Gak Usah Mudik Seng Penting Duit'e Muleh diunggah di saluran YouTube milik Muhammad Sofyan alias Ucup pada awal 2020.

Dalam video itu, ia berpesan agar anaknya menaati aturan pemerintah supaya tak mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bahkan, video tersebut menjadi perhatian Ganjar Pranowo.

Ganjar bahkan menelepon Mbah Minto dan memberikan THR sebesar Rp1 juta.

THR itu diberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lewat Muhammad Yusuf alias Ucup (30) yang menjadi konten kreator video tersebut. Lewat percakapan di live Instagram, Ganjar, Mbah Minto dan Ucup berkomunikasi soal keseharian Mbah Minto.

Mulanya Ganjar bertanya bantuan apa saja yang pernah diterima Mbah Minto. Dibantu Ucup, Mbah Minto menyebut dia tidak terdaftar PKH dan pernah mendapatkan bantuan renovasi rumah dari pemda setempat. Percakapan dengan Mbah Minto ini sesekali tidak nyambung dan malah mengundang tawa.

Ganjar lalu menawarkan apa yang menjadi permintaan Mbah Minto kepadanya. Mbah Minto menjawab sembako, lalu Ganjar meminta Mbah Minto untuk memperagakan satu adegan di YouTube. Setelah dibisiki Ucup, Mbah Minto akhirnya berucap soal THR.

"Pak Ganjar kirimi THR soyo ganteng (kirim THR makin ganteng)," kata Mbah Minto seperti dikutip dari Instagram @ganjar_pranowo, Sabtu (2/5/2020).

Celetukan Mbah Minto disambut gelak tawa. Ganjar berjanji mengirim THR Rp 1 juta ke Mbah Minto yang dititipkan lewat Ucup. Mbah Minto lalu mendoakan Ganjar selalu sehat.

Baca Juga: Mengenang Tingkah Lucu Mbah Minto, Viral dalam Video Parodi Gagal Mudik hingga Dapat THR dari Ganjar



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x