Kompas TV olahraga kompas sport

Shin Tae-yong Masuk Nominasi Pelatih Terbaik Fase Grup Piala AFF 2020

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 00:40 WIB
shin-tae-yong-masuk-nominasi-pelatih-terbaik-fase-grup-piala-aff-2020
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masuk nominasi sebagai pelatih terbaik di fase grup Piala AFF 2020. (Sumber: AFF Cup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masuk nominasi pelatih terbaik di fase penyisihan grup Piala AFF 2020.

Kesuksesan Indonesia yang menjadi juara grup B Piala AFF 2020 semakin membuktikan bahwa Shin Tae-yong merupakan pelatih top yang jenius.

Atas keberhasilan pelatih asal Korea Selatan itu membawa Timnas Indonesia tampil apik, AFF memasukkan nama Shin Tae-yong menjadi salah satu nominasi pelatih terbaik di fase penyisihan grup.

Dalam laman resminya, AFF menuliskan bahwa Shin Tae-yong merupakan pelatih yang mempunyai prestasi paling besar di antara pelatih lain yang memimpin tim di Piala AFF 2020.

AFF juga memuji Shin yang berhasil membawa pasukan muda Indonesia tampil ganas dan menjadi juara grup B.

"Pelatih yang paling berprestasi dari sepuluh pelatih di turnamen telah menunjukkan semua asal-usulnya saat dia memimpin tim muda dan tidak berpengalaman hingga ke semifinal sebagai pemenang Grup B," tulis AFF.

"Banyak yang mempertanyakan penilaian pelatih Korea tersebut saat ia memilih untuk merombak total skuad Garuda, tetapi ia membuktikan keraguan itu dengan baik dan benar-benar serius dalam menggali beberapa permata muda serta fleksibel secara taktik baik di antara dan selama pertandingan."

Baca Juga: 13 Gol di Piala AFF 2020, Ini Rahasia Ketajaman Lini Depan Timnas Indonesia

Pemilihan AFF atas Shin Tae-yong tentu pasti bisa dipahami semua pihak.

Shin Tae-yong yang pernah membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 itu mampu membuat Asnawi dkk tampil mengejutkan di Piala AFF 2020.

Bahkan beberapa nama pemain muda seperti Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan hingga Ramai Rumakiek kini semakin berkembang permainannya di bawah bimbingan Shin Tae-yong.

Selain Shin Tae-yong, beberapa nama pelatih lain seperti Ryu Hirose/Keisuke Honda (Kamboja), Park Hang Seo (Vietnam),  Alexandre Polking (Thailand) dan Tatsuma Yoshida (Singapura) juga masuk nominasi pelatih terbaik.

Untuk sementara dalam voting tersebut, Shin Tae-yong memimpin jauh perolehan suara dengan 79,15 persen (49.696 suara).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memimpin perolehan suara dalam pemilihan pelatih terbaik fase grup Piala AFF 2020. (Sumber: AFF Cup)

Meski mampu membawa Timnas Indonesia tampil perkasa di fase grup, tugas Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 belumlah usai.

Ia masih mempunyai tantangan untuk membawa pasukan Garuda mengalahkan Singapura di babak semifinal yang akan digelar dalam dua leg pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021). 

Baca Juga: Bagaimana Peluang Timnas Indonesia Singkirkan Singapura di Piala AFF 2020?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x