Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Minta Menteri dan Gubernur Siapkan 100 Ribu SDM untuk Kawasan Industrial Kalimantan Utara

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 13:21 WIB
jokowi-minta-menteri-dan-gubernur-siapkan-100-ribu-sdm-untuk-kawasan-industrial-kalimantan-utara
Presiden Jokowi melakukan groundbreaking Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

KALTARA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meminta kepada para Menteri, Gubernur, dan Bupati untuk mempersiapkan sumber daya manusia dalam mendukung kawasan industri di Kalimantan Utara.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat melakukan groundbreaking Kawasan Industrial Park Indonesia di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (21/12/2021).

“Karena ini membutuhkan SDM-SDM yang memiliki kualifikasi yang baik, siapkan mulai sekarang, dalam masa konstruksi tadi disampaikan bahwa akan muncul kurang lebih 100.000 tenaga kerja yang dibutuhkan,” kata Jokowi.

“Pada saat operasi hanya di sini saja, belum anak cucu turunan dari produk-produk yang dihasilkan itu 60.000 perkiraan saya lebih dari 200 000 plus anak cucu turunan dari produk yang dihasilkan,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Tunjukkan 'Lompatan Katak' dengan Resmikan Kawasan Industrial Park Indonesia di Kaltara

Tak hanya kepada menteri, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada Kapolda, Kapolres, Pangdam, Kodim, Gubernur, Bupati mengawal secara detil Kawasan Industrial Park Indonesia  di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

“Agar kondusif dan aman sehingga investasi betul-betul segera bisa melakukan percepatan pembangunan di sini, jangan sampai ada persoalan sekecil apapun.” Ujarnya.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga menegaskan agar izin-izin untuk investasi tidak direspons lambat.

“Yang kedua izin-izin jangan tunggu-tunggu, pakai hari pakai Minggu, enggak ada, jam keluarkan untuk menunjukkan bahwa kita serius terhadap pembangunan kawasan ini,” tambah Jokowi.

Jokowi lebih lanjut juga menekan tidak ingin mendengar lagi ada investor yang mengeluh izinnya terlambat atau belum selesai.

Baca Juga: Kunjungi Kaltara, Jokowi akan Groundbreaking Kawasan Industrial Park Indonesia

“Tadi saya sudah sampaikan di pesawat kepada Menko Marimves, tidak ada yang namanya terlambat-terlambat, nggak ada, dikawal betul, Kalau ada hal yang sangat penting yang ingin kita selesaikan dan tidak selesai sampaikan pada saya,” ucapnya.

“Karena ini betul-betul sebuah lompatan transformasi ekonomi Indonesia dan dimulai dari sini. Sehingga kita bisa mengelola sumber daya alam kita dari hulu sampai ke hilir dan yang paling penting penciptaan lapangan pekerjaan yang sangat besar,” tambah Jokowi.

Di samping itu, keberadaan kawasan industry ini juga akan memberikan income kepada pendapatan kepada negara dalam bentuk pajak ataupun non pajak.

Sehingga akan memperbaiki neraca transaksi berjalan, memperbaiki eksport neraca perdagangan yang sudah bertahun-tahun tidak bisa menyelesaikan, dan devisa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x