Kompas TV nasional berkas kompas

Bisnis Panas Ujaran Kebencian (1)

Rabu, 18 April 2018 | 20:00 WIB

Dunia maya menjadi media paling berperan dalam penyebaran ujaran kebencian. Semuanya berpangkal dari penyebaran hoax. Hanya bermodalkan sebuah gawai dalam genggaman, setiap orang bisa mendapatkan informasi apapun yang diinginkan. Termasuk menyebarluaskan informasi tersebut dengan cepat, menembus segala ruang dan waktu. Dari sinilah hoax muncul dan disebarkan.

Sepanjang tahun 2018 ini sampai dengan bulan Februari, bareskrim polri sudah menangkap 18 orang tersangka. Sementara tahun 2017, kasus ujaran kebencian yang ditangani polri mencapai 3.325. Jumlah kasusnya meningkat dari tahun 2016 yang mencapai 1.829 kasus.

Termasuk yang terbaru akhir Februari lalu, direktorat tindak pidana siber bareskrim polri menangkap komplotan penyebar isu-isu provokatif. Kelompok ini menamakan dirinya dengan “Muslim Cyber Army”. Sindikat ini melakukan aksinya di berbagai media sosial.  Mulai dari aplikasi twitter, facebook, bahkan menjangkau grup-grup whatsapp. Ada 14 orang yang ditangkap yang merupakan para pentolan komplotan.

Pro dan kontra mewarnai penangkapan kelompok ini. Sebagian pihak menduga kelompok “MCA” yang ditangkap hanyalah kelompok palsu. Mustofa Nahra ada di jajaran yang meyakini dugaan tersebut. Ia mengaku tahu betul seluk beluk “MCA”, sebab dirinya adalah salah satunya.

Penulis : Edika ipelona


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:48
HINGGA 16 JANUARI 2021, RS POLRI MENERIMA 162 KANTONG BERISI BAGIAN TUBUH KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182   MENKES: VAKSINASI TAK HANYA LINDUNGI INDIVIDU, MELAINKAN MENCIPTAKAN KEKEBALAN POPULASI ATAU “HERD IMMUNITY”   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TELAH TERBITKAN ATURAN STANDARISASI MASKER BERBAHAN KAIN   JAWA TENGAH MENDAPAT PENGHARGAAN DARI OJK SEBAGAI PROVINSI TERBAIK PENGGERAK KEUANGAN INKLUSIF NASIONAL   HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM HARI INI TURUN RP 8.000 PER GRAM MENJADI RP 948.000   MENTERI ERICK THOHIR MEMINTA DIREKSI BUMN BELAJAR NILAI KEPEDULIAN DARI MILENIAL   HINGGA 16 JANUARI 2021, TIM SAR MASIH MELAKUKAN PENCARIAN 15 KORBAN YANG TERTIMBUN LONGSOR DI SUMEDANG, JABAR   KOMISI VIII DPR AKAN MENGUTAMAKAN PERAN MITIGASI ATAU PENCEGAHAN UNTUK MENGURANGI DAMPAK BENCANA ALAM   WAKIL KETUA KOMISI VIII DPR ACE HASAN AKAN MELAKUKAN PENDAMPINGAN TERKAIT PERSOALAN KEBENCANAAN DI INDONESIA   DINSOS DKI: SEBANYAK 5.563 KELUARGA DI KEPULAUAN SERIBU AKAN MENERIMA BANTUAN SOSIAL TUNAI COVID-19   HARI INI, PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU LANGSUNG LOKASI BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN   TNI AU MENYALURKAN BANTUAN BERUPA 34 PERAHU KARET UNTUK PENANGANAN BANJIR DI BALANGAN, KALIMANTAN SELATAN   BNPB: SEBANYAK 3.571 UNIT RUMAH TERENDAM BANJIR DI KABUPATEN BALANGAN, KALIMANTAN SELATAN   BNPB MENYERAHKAN DANA BANTUAN KEBUTUHAN POKOK BAGI KORBAN GEMPA DI MAMUJU DAN MAJENE SEBESAR RP 4 MILIAR