Kompas TV regional berita daerah

Prodi Sistem Komputer UNIKOM Terapkan Pogram MBKM Kerjasama dengan Dunia Industri dan Pertanian

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 19:59 WIB
prodi-sistem-komputer-unikom-terapkan-pogram-mbkm-kerjasama-dengan-dunia-industri-dan-pertanian
Ketua Prodi, Dosen dan Mahasiswa UNIKOM Melakukan Penerapan Internet of Things ( IoT ) di FAPERTA UNPAD (Sumber: Program Studi Sistem Komputer, UNIKOM)
Penulis : KompasTV Makassar

BANDUNG, KOMPAS TV - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat telah mendorong model pendidikan di Indonesia semakin dinamis, sebagai respon terhadap kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Dinamisasi tersebut berdampak pada penyesuaian berbagai aspek pendidikan, antara lain: pengembangan capaian kompetensi, materi pembelajaran, pengelolaan kurikulum, teknologi pembelajaran, serta kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

Nugraha Widyanto, Mahasiswa Prodi Sistem Komputer, UNIKOM, Magang di Lembaga Orbit bidang AI. (Sumber: Program Studi Sistem Komputer, UNIKOM)

Perguruan tinggi sebagai pencetak generasi yang inovatif, adaptif, kompetitif, unggul dan berkarakter perlu menjalin hubungan baik dengan semua pemangku kebijakan, terutama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Hubungan baik tersebut diharapkan mampu mendorong pengembangan dan peningkatan kompetensi mahasiswa sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Lahirnya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan peluang dalam peningkatan kompetensi mahasiswa sesuai minat, bakat, dan kemampuannya, sehingga dapat menjadi lulusan yang relevan dengan kebutuhan DUDI.

Ketua Prodi, Dosen dan Mahasiswa UNIKOM Melakukan Penerapan IoT di FAPERTA UNPAD (Sumber: Program Studi Sistem Komputer, UNIKOM)

Sebagai perguruan tinggi yang mempunyai komitmen tinggi dalam pengembangan kualitas pendidikan, UNIKOM khususnya Prodi Sistem Komputer menyambut baik kebijakan MBKM tersebut melalui implementasi kurikulum dan bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) diantaranya dengan melakukan kerjasama dalam penelitian-penelitian dosen dan mahasiswa di bidang smart farming dengan FAPERTA UNPAD. Selain itu juga kerja sama dengan Yayasan Orbit berupa pemagangan di dunia industri dalam bidang Artificial Intelligence. Diharapkan dari kerjasama -kerjasama yang dilakukan mahasiswa dapat mengalami pengalaman belajar yang lebih kaya dan nyata.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x