Kompas TV regional peristiwa

Status Tanggap Darurat Gunung Semeru Erupsi Diperpanjang

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 20:00 WIB
status-tanggap-darurat-gunung-semeru-erupsi-diperpanjang
Menteri ESDM Arifin Tasrif meninjau aktivitas Gunung Semeru di Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (17/12/2021). (Sumber: Humas Kementerian ESDM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Status tanggap darurat erupsi Gunung Semeru diperpanjang selama tujuh hari, terhitung 18 sampai 24 Desember 2021.

Perpanjangan status tanggap darurat erupsi Gunung Semeru tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Lumajang Nomor 188.45/549/427.12/2021 tentang Perpanjangan Status Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Semeru.

Dalam SK tersebut, Bupati Lumajang meminta kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengambil langkah serta berkoordinasi antar organisasi perangkat daerah dan instansi terkait.

“Selain itu juga meminta untuk mempersiapkan segala potensi untuk penanggulangan bencana,” ujar Bupati Lumajang seperti yang tercantum di dalam SK.

Baca Juga: Status Gunung Semeru Naik Jadi Siaga, Tidak Boleh Ada Aktivitas dalam Radius 13 Km dari PuncaK

Persiapan segala potensi untuk penanggulangan dampak Gunung Semeru erupsi meliputi personel, relawan, logistik, dan peralatan.

Tidak sampai di sini, kepala BPBD Lumajang juga didorong untuk meningkatkan peran masyarakat dalam usaha penanggulangan dampak erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Viral! Satu-satunya Rumah Selamat dari Bencana Semeru, Pemilik Ungkap Punya Amalan Rutin

Sebelumnya, status Gunung Semeru yang naik dari level 2 waspada menjadi level 3 siaga membuat perubahan sejumlah kebijakan rekomendasi.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani memaparkan sejumlah rekomendasi dari Badan Geologi yang harus ditaati oleh masyarakat terkait kenaikan level status Gunung Semeru.

Salah satunya, masyarakat tidak diizinkan melakukan aktivitas di sektor tenggara sejauh 13 kilometer dari puncak Gunung Semeru.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x