Kompas TV internasional kompas dunia

Pria Misterius Bawa Kantong Kertas Penyebab Kebakaran di Jepang, 24 Orang Tewas

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 20:19 WIB
pria-misterius-bawa-kantong-kertas-penyebab-kebakaran-di-jepang-24-orang-tewas
Tim pemadam kebakaran tengah berupaya menyelamatkan seorang perempuan yang terjebak di lantai 4 sebuah gedung di Osaka, Jepang, Jumat (17/12/2021), menyusul terjadinya kebakaran di gedung itu. Polisi mengonfirmasi 24 orang tewas dalam insiden kebakaran yang diduga disengaja itu. (Sumber: The Japan Times)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

OSAKA, KOMPAS.TV – Polisi mengonfirmasi tewasnya 24 orang dalam insiden kebakaran yang melanda lantai atas sebuah bangunan komersial di Osaka, Jepang, Jumat (17/12/2021) pagi. Pihak berwenang mencurigai kebakaran itu disengaja.

Menurut polisi prefektur Osaka seperti dikutip dari Asahi Shimbun, korban tewas terdiri dari 14 laki-laki dan 10 perempuan.

The Japan Times melaporkan, kebakaran yang terjadi di kawasan Kita Ward yang sibuk itu dilaporkan pada sekitar pukul 10.20 waktu setempat. Api diduga dimulai di sebuah klinik medis di lantai 4.

Baca Juga: Kebakaran Gedung Pencakar Langitdi Hong Kong, Ratusan Terjebak, 13 Terluka

Polisi tengah mencari seorang pria misterius yang dicurigai menjadi penyebab kebakaran. Menurut sejumlah saksi mata, pria itu meletakkan sebuah kantong kertas yang mencurigakan di area penerimaan tamu klinik. 

“Saya melihat kobaran api menyembur keluar dari kantong kertas saat pria itu meletakkannya di bawah,” tutur seorang saksi mata perempuan.

Saksi mata lain mengatakan, “Ada cairan yang keluar dari kantong kertas itu.”

Menurut polisi, pria itu kemungkinan turut menjadi korban kebakaran dan dilarikan ke rumah sakit.

Orang-orang yang berada di dalam klinik mengetahui kebakaran itu, namun tak dapat melarikan diri lantaran api berkobar di pintu masuk. 

Baca Juga: Sebabkan Kebakaran Klub yang Tewaskan 242 Orang, Anak Band Brasil Dihukum 18 Tahun Penjara

Petugas pemadam kebakaran menyebut, sebanyak 27 orang ditemukan tak sadar di lantai 4 gedung. 

Sebanyak 75 unit truk pemadam kebakaran dikerahkan, dan kebakaran berhasil dikendalikan setengah jam kemudian.

Kebakaran itu menghancurkan area sedikitnya seluas 20 meter persegi di lantai 4 gedung yang terletak dekat Stasiun JR Kitashinchi di pusat kota Osaka.

 



Sumber : Asahi Shimbun/Japan Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x