Kompas TV nasional update corona

4 Arahan Jokowi Usai Omicron Ditemukan di Indonesia

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 10:02 WIB
4-arahan-jokowi-usai-omicron-ditemukan-di-indonesia
Presiden Jokowi saat memberi keterangan terkait ditemukannya kasus varian Omicron di Indonesia, Kamis (16/12/2021). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan varian baru Covid-19, yakni Omicron, telah terdeteksi untuk pertama kalinya di Indonesia.

Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi beberapa arahan kepada seluruh masyarakat maupun pejabat, seperti berikut:

1. Minta Tidak ke Luar Negeri

Jokowi meminta kepada seluruh masyarakat maupun pejabat untuk tidak bepergian ke luar negeri. 

Presiden menginginkan semua pihak tetap waspada terhadap penyebaran varian baru tersebut.

"Saya minta seluruh warga maupun pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri, paling tidak sampai situasi mereda," kata Jokowi dalam keterangan pers secara daring, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: MUI Minta Masyarakat Tak Panik Hadapi Omicron 

2. Menghindari Penyebaran Lebih Luas

Tak hanya perjalanan internasional, Jokowi juga meminta kepada seluruh pihak untuk berupaya agar varian Covid-19 Omicron tidak menyebar luas di Indonesia.

Jokowi juga mengakui, masuknya varian baru tersebut memang tak terelakan mengingat Omicron salah satu karakter varian yang penularannya sangat cepat. 

"Sekarang, yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air. Jangan sampai terjadi penularan lokal," ujar eks Walikota Solo itu.

Kepala Negara ini juga meminta kepada semua pihak untuk terus berupaya menjaga situasi di Indonesia agar tetap baik, yakni dengan mempertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah, serta mengawasi tingkat penularan agar tetap di bawah satu.

Jokowi menuturkan, saat ini yang harus dilakukan yakni bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x