Kompas TV nasional update corona

Indonesia Umumkan Kasus Omicron Pertama, Menkes: Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 12:14 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, melaporkan temuan kasus Covid-19 varian Omicron pertama pada Kamis (16/12).

Kasus Omicron tersebut ditemukan pada seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet. Temuan itu berawal dari tiga pekerja yang terdeteksi positif Covid-19.

Baca Juga: Waspada! Kasus Covid-19 Omicron Sudah Masuk Indonesia

Ketiganya menjalani tes PCR yang diikuti dengan genome sequencing di Litbangkes. Hasilnya, dari 3 orang tersebut, 1 orang dinyatakan terjangkit varian Omicron sementara 2 yang lain bukan varian Omicron.

Pekerja kebersihan di Wisma Atlet itu dikabarkan tidak mengalami gejala. Mereka menjalani perawatan dan sudah kembali menjalani tes PCR dengan hasil negatif.

Budi menambahkan, saat ketiga petugas kebersihan tersebut masih menjalani karantina di Wisma Atlet.

Baca Juga: Gara-Gara Omicron, Inggris Catat Rekor Kasus Tertinggi Selama Pandemi

Selain itu, pemerintah saat ini tengah memantau 5 kasus probable Omicron. Dua kasus di antaranya adalah WNI yang baru kembali dari AS dan Inggris. Keduanya tengah berada di Wisma Atlet dan sedang menjalani isolasi.

Selanjutnya, kasus probable juga terjadi pada 3 WNA Tiongkok di Manado. Ketiganya saat ini sedang menjalani karantina di fasilitas yang ada di Manado.

Video editor: M. Rengga

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x