Kompas TV bisnis kebijakan

Luhut Optimistis Tahun 2022 Pertumbuhan Ekonomi Bisa 5 Persen, Masyarakat Mulai Belanja

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 21:25 WIB
luhut-optimistis-tahun-2022-pertumbuhan-ekonomi-bisa-5-persen-masyarakat-mulai-belanja
Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, melarang pejabat negara melakukan perjalanan ke luar negeri. (Sumber: Kemenkomarves)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan optimistis Indonesia bisa lolos dari pandemi Covid-19 dan meningkatkan perekonomian.

Menurut Luhut saat ini indeks keyakinan konsumen mulai membaik seiring dengan penurunan kasus Covid-19.

Relaksasi ekonomi juga berjalan bertahap dengan menggunakan aplikasi pedulilindungi yang sudah digunakan di sejumlah tempat.

Di sisi lain pemerintah telah melakukan pengetatan agar varian baru B.1.1.529 Omicron tidak masuk ke Tanah Air. 

Baca Juga: Bertemu Menlu AS, Luhut Ajak AS Investasi di Hilirisasi Sumber Daya Alam

Luhut menegaskan semua kebijakan yang diambil dilakukan secara terukur, dan keberhasilan menurunkan kasus dengan cepat dan pembukaan bertahap mampu menahan perlambatan perekonomian.

"Kita optimis kuartal IV 2021 ini bisa lebih tinggi dari apa yang kita prediksi. Kita berharap tahun depan kita bisa perkiraan 5 persen pertumbuhan kita," ujar Luhut dalam Webinar Arah Bisnis 2022, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Luhut menjelaskan mulai membaiknya indeks keyakinan konsumen dapat dilihat dari belanja masyarakat yang berada di atas sebelum pandemi.

Tingkat hunian kamar Hotel di Jakarta yang saat ini hampir penuh juga menjadi pertanda kondisi ekonomi Indonesia yang mulai memasuki tren pulih.

Baca Juga: Luhut Sindir Pelaku Perjalanan Internasional yang Tak Patuhi Aturan Karantina 10 Hari

Dalam bahan paparannya, indeks keyakinan konsumen masuk di level 118,5 poin meningkat dari Agustus lalu yang berada di bawah level 100.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x