Kompas TV regional berita daerah

Dekranasda Klungkung Gelar Fashion Day Endek

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 16:01 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Kabupaten Klungkung yang terkenal akan berbagai hasil kerajinan endeknya, melalui Dekranasda Klungkung, menggelar ajang fashion day endek bertajuk wastra santi semara ratih, di blok a pasar seni Semarapura Klungkung.

Dewan kerajinan nasional daerah, Dekranasda Kabupaten Klungkung, menggelar ajang fashion day pakaian endek bertajuk wastra santi semara ratih, yang digelar di area blok a pasar seni Semarapura Klungkung.

Kegiatan ini menampilkan peragaan pakaian kerja adat bali dan pakaian kerja formal, dengan menggunakan bahan dasar beraneka motif kain endek kas Klungkung. Peserta dari kalangan pegawai dilingkungkan OPD Pemkab Klungkung, perbankan dan pihak swasta.

Ketua Dekranasda Klungkung, Nyonya Ayu Suwirta mengatakan, ajang ini sebagai bentuk promosi dan menjadikan kain endek Klungkung sebagai sebuah kebanggaan. Dimana setiap penampil, wajib menggunakan kain khas Klungkung baik kain endek, rangrang dan cepuk asli dari pulau Nusa Penida. Ajang ini diikuti 19 kelompok pakaian adat dan 26 kelompok pakaian endek formal. Selain itu juga ada fashion show dari anak-anak.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, Kabupaten Klungkung sebagai pusat kain endek di Bali harus tampil terdepan dalam hal kualitas, motif dan kreasi.

Sesuai tema kegiatan ini "wastra santi semara ratih" yang berarti pakaian santun dan inovatif dan peraturan Gubernur Bali tentang penggunaan pakaian busana bali, maka sebagai orang bali kita harus mampu menampilkan dan menggunakan pakaian yang santun dengan penggunaan bahan-bahan produk lokal, tidak hanya saat bersembahyang namun juga saat bekerja dikantor.

 

 

 

#DekranasdaKabupatenKlungkung #KetuaDekranasdaKlungkung #NyonyaAyuSuwirta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x