Kompas TV nasional sosok

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Desember 2021 Versi Forbes, Siapa Saja?

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 07:05 WIB
daftar-10-orang-terkaya-di-indonesia-desember-2021-versi-forbes-siapa-saja
Kolase foto orang terkaya di Indonesia, Hartono bersaudara. (Sumber: Grid)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majalah kenamaan Amerika Serikat yang berfokus pada finansial, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia untuk periode 2021. Terdapat puluhan orang terkaya di Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes.

Jika menilik dari laman daftar orang terkaya di Indonesia di Forbes, klasifikasi orang terkaya ditentukan dari kategori jumlah kekayaan yang dimiliki. Dalam daftar itu disebutkan ranking, nama, berapa kekayaan yang dimiliki, usia, dan sumber kekayaan.

Berdasarkan dari daftar Forbes, Hartono Bersaudara, Budi dan Michael masih menduduki peringkat pertama orang terkaya di Indonesia, Rabu (15/12/2021). Mereka tercatat memiliki jumlah kekayaan sebesar 42,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp609 triliun. Lantas Siapa sajakah orang terkaya di Indonesia?

Daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2021

Orang terkaya di Indonesia sebagian besar mendapatkan kekayaannya dari perusahaan yang mereka dirikan atau kuasai. Forbes memberikan kategori perusahaan mulai dari bisnis, bank hingga teknologi.

1. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono

Hartono Bersaudara masih menduduki puncak orang terkaya di Indonesia pada 2021. Mereka memeroleh kekayaan melalui usahanya di sektor perbankan yakni pemilik saham mayoritas Bank Central Asia (BCA). Selain itu Hartono Bersaudara juga merupakan pemilik perusahaan rokok ternama di Indonesia dan peralatan elektronik.

Dalam laporan Forbes orang terkaya di Indonesia ini memiliki kekayaan sebesar 42,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp609 triliun.

2. Keluarga Widjaya

Forbes mengklasifikasikan kekayaan dari Keluarga Widjaya berasal dari beragam bisnis. Keluarga Widjaja merupakan orang terkaya di Indonesia peringkat kedua.

Mereka mewarisi bisnis yang dirintis oleh Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019 di usia 98 tahun. Perusahaan Sinar Mas yang memiliki peran di bidang kertas, real estat, jasa keuangan, agribisnis, dan telekomunikasi di Indonesia menjadi salah satu sumber kekayaannya. 

Keluarga Widjaya memiliki kekayaan 9,7 miliar dolar AS atau Rp138 triliun.

3. Antoni Salim

Kepala dari grup Salim ini dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga oleh Forbes. Antoni Salim tercatat memiliki kekayaan 8,5 miliar dolar AS. Salim dikenal sebagai CEO Indofood atau perusahaan pembuat mi instan terbesar di dunia yang berada di Indonesia.

Selain dari Indofood, Keluarga Salim juga diketahui memiliki saham di perusahaan investasi di Hong Kong, First Pacific.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x