Kompas TV nasional breaking news

Gempa M 7,5 di Laut Flores, Ini Daerah Status Siaga dan Waspada agar Segera Melakukan Evakuasi

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 11:42 WIB
gempa-m-7-5-di-laut-flores-ini-daerah-status-siaga-dan-waspada-agar-segera-melakukan-evakuasi
ilustrasi - Alat pencatatan radar gempa. (Sumber: FOTO/HO/BMKG.go.id)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis daftar wilayah berstatus siaga dan waspada untuk segera melakukan evakuasi.

Hal ini perlu dilakukan menyusul terjadinya gempa bumi bermagnitudo 7,5 di Laut Flores yang berpotensi menimbulkan tsunami.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami, Masyarakat Sikka NTT Berhamburan ke Tempat Lebih Tinggi

Berdasarkan data yang diterima pada Selasa (14/12/2021), beberapa wilayah berpotensi siaga di antaranya adalah Selayar di Sulawesi Selatan, Pulau Ende bagian utara, Flores Timur bagian utara.

Kemudian, Sikka bagian utara, Pulau Lembata, Pulau Adonara, Manggarai bagian utara, Ngada bagian utara, dan Alor bagian utara,di Nusa Tenggara. Lalu, Bombana dan Buton di Sulawesi Tenggara. 

Kemudian daerah yang berstatus waspada di antaranya Manggarai Barat bagian utara di NTT  Eakatobi di Sultra,  Bima, Pulau Gili, dan Dompu bagian utara di NTB, Pulau Wetar di Maluku Tenggara Barat, dan Bulukumba di Sulsel.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,4 Berpotensi Tsunami Guncang NTT, Terasa Kuat di Makassar

BMKG menyebutkan waktu tiba gelombang dapat berbeda, dan gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

Ini yang harus dilakukan pemerintah daerah yang berada pada status 'Awas', 'Siaga', dan 'Waspada':

- Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status 'Awas' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

- Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status 'Siaga' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Baca Juga: Peringatan Dini Tsunami Usai Gempa M 7,5 di NTT, Siap-siap Evakuasi Menyeluruh

- Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status 'Waspada' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami di Sulawesi Selatan, NTT, Sulawesi Utara, NTB, dan Maluku.

Peringatan dini tersebut dikeluarkan setelah terjadi gempa bumi bermagnitudo 7,5 pada Selasa (14/12/2021) pukul 10.20.22 WIB berlokasi di 7.59 Lintang Selatan 122.26 Bujur Timur kedalaman 12 km.

Baca Juga: Gempa M 7,5 Guncang NTT, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami di Wilayah Ini

 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x