Kompas TV entertainment selebriti

5 Fakta Bobby Joseph Pakai Narkoba, Kronologi Penangkapan hingga Jadi Calo

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 15:42 WIB
5-fakta-bobby-joseph-pakai-narkoba-kronologi-penangkapan-hingga-jadi-calo
Bobby Joseph. (Sumber: Instagram/@bobbyjsph)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Penangkapan artis terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba kembali terjadi. Kali ini nama Bobby Joseph, pesinetron yang tenal pada tahun 2007 menjadi tersangkanya.

Diketahui, Bobby Joseph ditangkap oleh Satresnarkoba Polres Tangerang Selatan di kawasan Kalideres, Jakarta Barat, kemarin Jumat (10/12/2021).

Polres Tangerang Selatan telah menggelar konferensi pers terkait kasus yang menyeret Bobby Joseph. Berikut rangkuman fakta-faktanya, dirangkum dari Tribunnews, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: Ada Bobby Joseph dan Jeff Smith, Ini 8 Artis Terjerat Kasus Narkoba Sepanjang 2021

1. Kronologi penangkapan

Penangkapan bermula dari laporan warga di malam sebelumnya, Kamis (9/12/2021), yang mengatakan bahwa akan ada transaksi narkoba di kawasan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Namun, transaksi pindah ke kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Polisi segera bergeser ke wilayah tersebut dan menggerebek Bobby Josep sekitar pukul 01.30 WIB.

Polisi menemukan barang bukti berupa satu bungkus plastik klip yang berisi 0,49 gram sabu, satu buah kaca pipet, alat hisap sabu, dan dua unit ponsel.

Saat ditangkap, Bobby Joseph dilaporkan dalam pengaruh narkoba karena sempat memakai sabu di kediamannya, Cinere, Depok, Jawa Barat.

2. Jadi perantara jual beli narkoba

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan menjelaskan bahwa Bobby juga ikut terlibat dalam jual beli narkoba jenis sintetis alias gorila. Dia berperan sebagai perantara atau calo.

“Berdasarkan pemeriksaan juga menjadi perantara dalam pembelian dan pemesanan narkoba jenis sintetis atau gorila,” kata Zulpan.

Baca Juga: Kronologi Bobby Joseph Ditangkap, Sembunyikan Sabu dalam Rokok

3. Punya akun medsos untuk jualan narkoba

Untuk menampung pemesanan, pria 30 tahun ini menggunakan akun media sosial, yakni Instagram.

"Jadi yang bersangkutan untuk diketahui berdasarkan rekam jejak digitalnya bahwa yang bersangkutan memiliki akun tersendiri dalam rangka menampung pemesanan narkoba jenis sintetis atau gorila kepada orang yang membutuhkan," jelas Zulpan. 

4. Alasan pakai narkoba

Bobby Joseph diketahui mengonsumsi sabu sejak tahun 2015. Kanit 2 Satresnarkoba Polres Tangerang Selatan Ipda Arya Raditya mengatakan bahwa alasan Bobby pakai narkoba karena sepi job.

“Dari keterangannya sudah sepi job katanya. Iya (jadi pakai sabu),” tutur Arya, dikutip dari Tribun Jakarta.
Selain itu, Bobby Joseph juga memakai sabu untuk menambah stamina dan tingkat fokus dalam bekerja.

Baca Juga: Profil Bobby Joseph, Artis Insial BJ yang Ditangkap atas Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

5. Terancam 20 tahun penjara

Atas perbuatannya, Bobby Josep disangkakan dengan Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 lebih subsider Pasal 127 ayat 1 hurud A Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dia terancam hukuman penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x