Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Ikut Ancam Rusia: Serang Ukraina, Siap-Siap Konsekuensi Ekonomi Parah!

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 23:46 WIB
inggris-ikut-ancam-rusia-serang-ukraina-siap-siap-konsekuensi-ekonomi-parah
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss saat berbicara dalam pertemuan negara G7 di Liverpool, Inggris, Sabtu (11/12/2021). Truss memperingatkan Rusia bahwa negara itu akan menerima konsekuensi ekonomi yang parah bila mengambil langkah menginvasi Ukraina. (Sumber: Olivier Douliery/Pool via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

LIVERPOOL, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss ikut mengancam Rusia terkait kemungkinan serangan militer ke Ukraina. Truss memperingatkan, Rusia akan menghadapi konsekuensi ekonomi yang parah jika menginvasi Ukraina.

Pertemuan menlu negara yang tergabung dalam G7 di Liverpool pada pekan ini, kata Truss, akan menunjukkan dengan jelas bahwa jika Rusia mengambil langkah invasi, hal itu akan menjadi ‘kesalahan strategis’. 

Inggris dan sekutunya, tekan Truss seperti dikutip dari BBC, Sabtu (11/12/2021), harus mencegah Rusia melakukan tindakan invasi militer itu.

Baca Juga: Terancam Perang, Presiden Ukraina Ingin Bicara Langsung dengan Putin

Mengikuti langkah dari Amerika Serikat dan sekutunya yang telah memperingatkan Rusia, Truss dengan tegas menyatakan bahwa negara-negara G7 ‘akan benar-benar teguh dalam sikap menentang agresi terhadap Ukraina’.

“Jika Rusia tetap mengambil langkah itu, itu akan menjadi kesalahan strategis, dan akan ada konsekuensi yang parah bagi Rusia,” tegasnya seraya mengimbuhkan, “Dan yang kami lakukan pekan ini adalah bekerja dengan para sekutu yang sepemikiran untuk menguraikan (langkah-langkah konsekuensi ekonomi) itu.”

Ukraina berbatasan baik dengan Uni Eropa maupun Rusia. Namun, sebagai bekas bagian dari republik Soviet, Ukraina memiliki keterikatan sosial dan budaya yang mendalam dengan Rusia.

Kendati begitu, Rusia menuding Ukraina telah melakukan provokasi. Rusia juga mencari jaminan untuk mencegah NATO melebarkan sayap keanggotaan ke timur dan mengerahkan pasukan dan senjata dekat perbatasannya.

Baca Juga: Tolak Desakan Rusia soal Masuknya Ukraina, NATO: Terserah 30 Negara Anggota



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x