Kompas TV nasional peristiwa

Saat Jokowi Jawab Langsung Kritik Anwar Abbas, Tak Baca Bahan Sambutan

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 13:48 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Inilah momen saat Presiden Joko Widodo sengaja tak membaca bahan sambutan yang sudah disiapkan untuk menjawab langsung kritikan dari Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas dalam acara Pembukaan Kongres Ekonomi Umat Islam II MUI.

Mulanya, Anwar Abbas memberikan sambutan terlebih dahulu, ia menjelaskan bahwa masih banyak warga yang belum sejahtera.

Anwar juga menyampaikan data terkait indeks gini economics. Ia menyoroti terkait indeks gini yang mengalami penurunan dan selanjutnya terkait ketimpangan di bidang pertanahan.

"Cuma dalam bidang pertanahan, indeks gini kita sangat memprihatinkan itu 0,59, artinya 1 persen penduduk menguasai 59 persen lahan yang ada di negeri ini. Sementara yang jumlahnya sekitar 99 persen itu hanya menguasai 41 persen lahan yang ada di negeri ini," ujar Anwar.

Usai Anwar Abbas menyampaikan sambutan, Presiden Joko Widodo lanjut memberikan sambutan dan ia memilih menjawab kritik dari Anwar Abbas.

Baca Juga: Detik-detik Kakek Lempar Gulungan Kertas ke Jokowi, Apa Isinya?

Jokowi memjawab kritikan terkait masalah pertanahan.

"Yang pertama yang berkaitan dengan lahan, dengan tanah. Penguasaan lahan, penguasaan tanah. Apa yang disampaikan oleh Buya betul. Tapi bukan saya yang membagi. Ya harus saya jawab. Harus saya jawab. Dan kita sekarang ini dalam proses mendistribusi reforma agraria yang target kita sudah mencapai 4,3 juta hektare dari target 12 juta dari yang ingin kita bagi," ujar Jokowi.

Jokowi juga memaparkan terkait bank tanah dan akan melihat Hak Guna Usaha dan Hak Guna Bangunan yang ditelantarkan.

Jokowi juga ingatkan terkait tawaran untuk penggunaan lahan, ia menegaskan bahwa tujuan penggunaan lahan tersebut harus jelas.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x