Kompas TV internasional kompas dunia

Ingin Salip Prancis, AS Setuju Jual Fregat Tempur ke Yunani Senilai 6,9 Miliar Dolar

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 11:56 WIB
ingin-salip-prancis-as-setuju-jual-fregat-tempur-ke-yunani-senilai-6-9-miliar-dolar
Departemen Luar Negeri AS, Jumat (10/12/2021), mengumumkan persetujuan atas kemungkinan penjualan fregat tempur angkatan laut canggih kepada Yunani untuk menyalip kesepakatan yang diumumkan antara Prancis dan Yunani pada September (Sumber: Lockheed Martin)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Jumat (10/12/2021), mengumumkan persetujuan atas kemungkinan penjualan fregat tempur angkatan laut canggih kepada Yunani untuk menyalip kesepakatan yang diumumkan antara Prancis dan Yunani pada September untuk pembelian sejumlah kapal tempur buatan Prancis.

Seperti dilansir The Straits Times, Sabtu (11/12/2021), Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DFCA) AS mengumumkan telah menyetujui penjualan empat fregat tempur rancangan Lockheed Martin, yang dikenal sebagai kapal kombatan permukaan multi-misi atau multi-mission surface combatant ships (MMSC) senilai 6,9 miliar dolar AS.

Persetujuan tersebut keluar hanya 10 pekan setelah Athena menandatangani nota kesepahaman dengan Paris untuk kesepakatan serupa untuk kapal buatan Prancis.

Badan tersebut juga menyetujui program Lockheed senilai 2,5 miliar dolar AS untuk meningkatkan kemampuan fregat kelas MEKO Yunani, termasuk menambah dan meningkatkan sistem senjata dan sistem elektronik tempur.

Pengumuman itu menunjukkan, Prancis menghadapi ancaman baru dalam bisnis penjualan senjata buatan mereka, setelah AS merebut kontrak kapal selam besar-besaran untuk Australia dalam pengumuman mengejutkan pada 15 September, yang menjatuhkan hubungan antara Washington dan Paris.

Prancis menarik duta besarnya untuk AS dan Australia dan melabeli keputusan Canberra membatalkan kesepakatan pembelian kapal selam konvensional dari Prancis senilai miliaran euro lalu menggantinya dengan pemesanan kapal selam bertenaga nuklir dari AS sebagai "tikaman dari belakang".

Dua minggu setelah itu, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis membuat nota kesepahaman dengan Presiden Emmanuel Macron untuk membeli tiga dan mungkin empat fregat tempur kelas Belharra Prancis seharga tiga miliar euro.

Kapal Prancis untuk Yunani itu akan dibangun oleh Naval Group untuk pengiriman mulai tahun 2024.

Baca Juga: Usai Kehilangan Kontrak Kapal Selam Australia, Prancis Jual Kapal Perang ke Yunani

Fregat tempur kelas Belharra yang dibeli Yunani akan dilengkapi berbagai senjata ofensif dan defensif tercanggih yang dimiliki Prancis saat ini (Sumber: France 24 via AFP)


Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x