Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Siap Perang Lawan Rusia, tapi Kekurangan Tentara dan Senjata

Jumat, 10 Desember 2021 | 20:38 WIB
ukraina-siap-perang-lawan-rusia-tapi-kekurangan-tentara-dan-senjata
Dua personel tentara Ukraina tampak memperkuat barikade pertahanan di garis depan di dekat kota Novoluhanske di wilayah Donetsk, Ukraina, dekat perbatasan Rusia, Kamis (9/12/2021). Meski kali ini tentara Ukraina disebut siap perang melawan kemungkinan serangan dari Rusia, namun mereka kekurangan personel dan senjata. (Sumber: AP Photo/Vitali Komar, File)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

KIEV, KOMPAS.TV – Situasi di perbatasan Ukraina – Rusia kian tegang dengan adanya penumpukan ratusan ribu personel tentara Rusia di sana.

Beberapa waktu lalu, intelijen Amerika Serikat (AS) bahkan memperingatkan, ada kemungkinan Rusia akan melakukan agresi militer pada awal tahun depan.

Di tengah kekhawatiran bahwa penumpukan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina dapat memicu kemungkinan serangan, kali ini Moskow diprediksi akan menghadapi perlawanan yang lebih kuat.

Namun, Ukraina bakal kekurangan sumber daya melawan kekuatan Rusia yang superior, baik di darat, laut, maupun udara.

Ukraina Siap Perang

Melansir Associated Press, Jumat (10/12/2021), veteran perang dan analis militer Ukraina menyatakan, Ukraina tak akan menyerahkan teritori mereka tanpa perlawanan kali ini.

“Jika agresi Rusia benar terjadi, saya tak punya pilihan. Setiap rakyat Ukraina siap mati dengan senjata di tangan,” tutur veteran perang Kolonel Viacheslav Vlasenko.

“Ukraina tak akan pernah menjadi bagian Rusia. Jika kami harus membuktikan pada Kremlin bahwa Ukraina punya hak atas kebebasan dan kemerdekaan, kami siap untuk itu,” tandas veteran berusia 53 tahun ini.

Baca Juga: Inggris Waspadai Invasi Rusia ke Ukraina, Skenario Terburuk Sejak Perang Dunia II

Pendapat senada juga diungkapkan Mykola Sunhurovskyi, seorang analis militer untuk lembaga independen Razumkov Center di Kiev.

Dia menyatakan, militer Ukraina telah membuat banyak kemajuan dalam beberapa tahun terakhir, berkat bantuan persenjataan dan pelatihan dari Barat.


Sumber : Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19