Kompas TV olahraga kompas sport

Meski Menang, Shin Tae-yong Tidak Puas dengan Penampilan Timnas Indonesia

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 23:38 WIB
meski-menang-shin-tae-yong-tidak-puas-dengan-penampilan-timnas-indonesia
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong akan terus melakukan evaluasi di timnya meski meraih kemenangan di laga uji coba melawan Tajikistan U-23, Selasa (19/10/2021). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong mengaku tak puas dengan penampilan Timnas Indonesia meski mampu meraih kemenangan atas Kamboja di pertandingan pertama Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021).

Bertanding di Bishan Stadium, Evan Dimas dkk mampu mengalahkan Kamboja dengan skor 4-2. Empat gol Timnas Indonesia dicetak oleh Rahmat Irianto (2), Evan Dimas serta Ramai Rumakiek. Sementara dua gol lawan masing-masing dicetak oleh Yue Safy dan Prak Many Udom.

Meski mampu mencetak empat gol dan meraih kemenangan, Shin Tae-yong sama sekali tak puas dengan performa yang ditunjukkan anak asuhnya.

Bahkan pelatih asal Korea Selatan itu menilai, para pemain hanya menjalankan 50 persen dari seluruh instruksi yang diberikannya.

"Memang kami bisa membuat empat gol tetapi permainan kami tidak sampai 50 persen dari apa yang saya mau. Saya akan berbicara dengan pemain agar mereka memahami instruksi saya," kata Shin dalam konferensi pers virtual seusai pertandingan.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga menyoroti mentalitas skuad Garuda yang terlena dan memandang remeh lawan setelah unggul 3-0.

Shin pun menegaskan hal ini tak boleh lagi terjadi dan akan memberikan teguran kepada seluruh pemain.

Baca Juga: Hasil Timnas Indonesia vs Kamboja: Garuda Awali Piala AFF 2020 dengan Kemenangan 4-2

"Pemain seperti menganggap lawan kami mudah. Ini kesalahan pemain dan saya akan menegur mereka. Ini harus diperbaiki," tegas Shin.

Sementara itu dari sisi pemain, Ricky Kambuaya mengakui memang masih banyak kekurangan dari permainan yang ditunjukkan Timnas Indonesia.

Pemain Persebaya Surabaya itu berjanji akan mengevaluasi kekurangan di pertandingan ini agar tampil lebih baik di pertandingan selanjutnya.

Meski begitu, Ricky Kambuaya yang juga dipilih sebagai Man of the Match tetap bersyukur bisa meraih kemenangan dan memenangkan tiga poin di laga pertama Piala AFF 2020.

"Ada beberapa pekerjaan rumah yang mesti kami perbaiki. Yang jelas, kami bersyukur dengan tiga poin dan berterima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia," ucap pemain berusia 25 tahun itu.

Usai kemenangan atas Kamboja ini, Indonesia untuk sementara berada di posisi kedua klasemen sementara grup B Piala AFF 2020, di bawah Malaysia yang telah mengoleksi 6 poin dari dua pertandingan.

Sementara itu, Vietnam yang juga mempunyai tiga poin berada di urutan ketiga, menempel ketat Indonesia.

Pada pertandingan selanjutnya, Timnas Indonesia akan ditantang Laos pada Minggu (12/12/2021). 

Baca Juga: Piala AFF: Garang di Babak Pertama, Timnas Indonesia Melempem di Paruh Kedua

Baca Juga: Indonesia vs Kamboja: Rahmat Irianto Pemain Paling Aktif, Ricky Kambuaya Man of the Match




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x