Kompas TV regional berita daerah

Petani Bakar Tanaman Cabai yang Membusuk Diguyur Hujan

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 21:01 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Petani cabai di Kabupaten Jember Jawa Timur mencabut lalu membakar tanaman cabai di lahan sawah miliknya. Hal itu dilakukan karena tanaman cabai membusuk akibat curah hujan tinggi.

Petani cabai di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember mencabuti tanaman cabai miliknya. Tanaman lalu ditumpuk dan dibakar dengan cara dicampur sampah plastik.

Salah satu petani, Suparto mengaku hal itu terpaksa dilakukan, karena tanaman cabai yang memasuki masa petik keduanya kalinya justru membusuk akibat curah hujan tinggi.

Baca Juga: Harga Cabai Anjlok, Petani Biarkan Tanaman Cabainya Membusuk

Selain membuat buah cabai membusuk, hujan juga mempercepat pertumbuhan dan penyebaran lalat buah yang dapat merusak tanaman cabai.

Usai dicabut dan dibakar, petani selanjutnya akan menanam tanaman baru, seperti padi. Suprapto mengaku merugi 45 juta rupiah akibat gagal panen yang dialaminya di lahan seluas setengah hektar.

Sedangkan untuk buah cabai yang belum membusuk langsung dipanen dini dan dijual dengan harga murah.

Baca Juga: Harga Cabai Anjlok, Petani Enggan Memanen dan Membiarkan Tanaman Cabai Membusuk

Data dari Himpunan Kelompok Tani Indonesia atau HKTI Cabang Jember, total ada 300 hektar tanaman cabai yang rusak di Kecamatan Ambulu.

Menurut Ketua Perempuan Tani HKTI Jember, Eka Purwati, petani sudah melakukan berbagai upaya agar tanaman cabainya dapat tumbuh dan berbuah normal, namun tetap saja rusak dan gagal panen.

Petani berharap kepada pemerintah agar kedepannya tidak membatasi pupuk subsidi untuk petani cabai sehingga mereka bisa menanam kembali sawahnya dengan tanaman lain.

 

#Petani #Cabai #Hama #CabaiBusuk #KHTI #CuacaBuruk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x