Kompas TV regional berita daerah

Pameran Usada Rempah

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 11:25 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - Rempah-rempah adalah salah satu komoditi pertanian yang cukup banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Pengobatan dengan rempah-rempah ini tercatat di berbagai lontar kuno di Bali. Guna menyebarluaskan pengetahuan pengobatan tradisional ini, Dinas Kebudayaan Buleleng, menggelar pameran usada,di Museum Soenda Kecil, dikawasan pelabuhan tua Buleleng, Bali. Pameran usada ini digelar selama tiga hari dari tanggal 6 hingga 8 Desember 2021.

Berbagai jenis ramuan pengobatan yang memanfaatkan rempah-rempah di pamerkan dalam kesempatan ini. Seluruh ramuan obat yang dipamerkan diambil dari lima lontar kuno yakni taru premana, usada buduh, usada rare, usada sari dan rukmini tatwa yang membahas tentang seksualitas manusia. Seluruh lontar yang menjadi rujukan dalam pameran usada ini tersimpan di perpustakaan lontar Gedong Kertya, Buleleng, Bali.

Pameran Usada Rempah bertujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan pengobatan tradisional yang ada di dalam lontar kepada masyarakat umum. Bahan-bahan obat yang tercatat di dalam lontar relatif mudah ditemukan dan diolah oleh masyarakat, serta menjadi alternatif pengobatan.

 

 

#usada #rempah #bali

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x