Kompas TV regional peristiwa

Banjir Rob di Medan, 60.102 Warga Terdampak

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 13:08 WIB
banjir-rob-di-medan-60-102-warga-terdampak
Banjir rob yang terjadi di sejumlah kelurahan di wilayah administrasi Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara. (Sumber: BNPB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

MEDAN, KOMPAS.TV – Sebanyak 60.102 warga terdampak banjir rob yang terjadi di sejumlah kelurahan di wilayah administrasi Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara.

Melalui keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Selasa (7/12/2021), disebutkan bahwa banjir rob tersebut terjadi pada dini hari tadi pukul 01.30 WIB, dipicu oleh pasang air laut.

“Wilayah terdampak tersebar di 6 kelurahan, yaitu Kelurahan Belawan I, Belawan II, Sicanang, Bahari, Bahagia dan Bagan Deli.  Sebanyak 14.929 KK atau 60.102 jiwa terdampak banjir rob ini,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Baca Juga: Banjir Rob di Pekalongan Mulai Surut

Muhari melanjutkan, menyikapi kondisi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melakukan upaya darurat untuk melakukan pemantauan kawasan terdampak banjir rob.

Menurutnya, untuk mengantisipasi jika kondisi banjir memburuk, pihak BPBD setempat berkoordinasi dengan aparat kelurahan dan menyiagakan personel serta peralatan evakuasi.

“Insiden ini tidak mengakibatkan korban jiwa maupun warga mengungsi,” lanjutnya.

Personel BPBD Kota Medan juga mengimbau warga untuk tetap siaga menghadapi potensi kenaikan debit air secara tiba-tiba.

Muhari juga menjelaskan, berdasarkan pantauan prakiraan cuaca, wilayah Kota Medan masih berpotensi hujan ringan pada siang ini.

“Sedangkan esok dan lusa, cuaca berpeluang cerah berawan hingga berawan.”

Baca Juga: Terjadi Banjir di Soppeng Sulsel, 2 Rumah Hanyut Kena Arus

“Sementara itu, sebanyak 21 kecamatan di Kota Medan berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi,” imbuhnya.

Kecamatan Medan Belawan yang berbatasan dengan perairan berada dalam wilayah dengan potensi bahaya tersebut.

Menyikapi kondisi cuaca di musim hujan atau potensi pasang air laut, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x