Kompas TV nasional kesehatan

Penting Diketahui! Ini Kadar Kolesterol Normal bagi Orang Dewasa dan Anak-anak

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:53 WIB
penting-diketahui-ini-kadar-kolesterol-normal-bagi-orang-dewasa-dan-anak-anak
Tahukah kamu, berapa kadar kolesterol yang normal? Ternyata, kadar kolesterol bisa bervariasi menurut usia, berat badan, dan jenis kelamin. (Sumber: Freepik/rawpixel)

SOLO, KOMPAS.TV - Tahukah kamu, berapa kadar kolesterol yang normal? Ternyata, kadar kolesterol bisa bervariasi menurut usia, berat badan, dan jenis kelamin.

Bagi orang dewasa, kadar kolesterol normal biasanya kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL). Sementara kadar kolesterol normal untuk anak-anak kurang dari 170 mg/dL.

Meski begitu, tidak semua kolesterol pada tubuh berdampak negatif. Agar mengetahui kadar kolesterol yang dimiliki setiap orang perlu untuk memeriksakan diri secara teratur setiap 4 hingga 6 tahun.

Melansir Medical News Today, kadar kolesterol normal berdasarkan usia adalah sebagai berikut:

1. Kadar kolesterol normal untuk orang dewasa

  • Kadar kolesterol normal totalnya kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL). Angka antara 200 dan 239 mg/dL dianggap batas tinggi dan angka 240 mg/dL ke atas dianggap tinggi.
  • Kadar kolesterol LDL harus kurang dari 100 mg/dL. Tingkat 100 hingga 129 mg/dL dapat diterima untuk orang yang tidak memiliki masalah kesehatan tetapi mungkin lebih mengkhawatirkan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau faktor risiko penyakit jantung. Pembacaan 130 hingga 159 mg/dL adalah batas tinggi dan 160 hingga 189 mg/dL adalah tinggi. Pembacaan 190 mg/dL atau lebih tinggi dianggap sangat tinggi.
  • Tingkat HDL harus dijaga lebih tinggi. Angka kurang dari 40 mg/dL dianggap sebagai faktor risiko utama penyakit jantung. Pembacaan dari 41 mg/dL hingga 59 mg/dL dianggap batas rendah. Pembacaan optimal untuk tingkat HDL adalah 60 mg/dL atau lebih tinggi.

2. Kadar kolesterol normal untuk anak-anak

  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL normal pada anak-anak cukup berbeda. Kisaran kolesterol total normal pada anak adalah kurang dari 170 mg/dL. Batas kolesterol total tinggi untuk anak berkisar antara 170 hingga 199 mg/dL. Setiap pembacaan kolesterol total lebih dari 200 pada anak dikatakan terlalu tinggi.
  • Kadar kolesterol LDL anak juga harus lebih rendah daripada orang dewasa. Kisaran optimal kolesterol LDL untuk anak adalah kurang dari 110 mg/dL. Batas tinggi adalah dari 110 hingga 129 mg/dL sementara dikatakan tinggi ketika berada di atas 130 mg/dL.

Perlu diketahui, kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua, yaitu low-density lipoprotein (LDL), atau lebih dikenal sebagai kolesterol jahat. Serta, kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau biasa disebut dengan kolesterol baik.

Kadar kolesterol HDL yang tinggi justru dapat mengurangi risiko masalah jantung dan stroke. Namun sebaliknya, jika kadar kolesterol LDL yang tidak terkontrol maka dapat memicu menumpuknya plak lemak di arteri seluruh tubuh.

Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan terhadap kadar kolesterol yang tinggi sudah harus dilakukan sedini mungkin, terlepas dari usia yang menua. Hal itu karena kolesterol yang tidak terkelola selama bertahun-tahun bisa jauh lebih sulit untuk diobati.

Anak-anak memiliki kemungkinan kecil terhadap kolesterol tinggi. Mereka hanya perlu diperiksa kadar kolesterolnya sekali atau dua kali sebelum berusia 18 tahun. Namun, apabila si anak memiliki faktor risiko kadar kolesterol yang lebih tinggi mereka harus lebih sering dipantau.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV/Medical News Today



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19