Kompas TV video sinau

Sering Muncul Pasca Bencana, Apa Kehebatan Mobil Hagglund ?

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 22:17 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Mungkin sebagian dari kita, pernah lihat kendaraan tangguh ini. Di pemberitaan sebuah bencana. Muncul saat  proses evakuasi, membantu memberikan bantuan logistik, berupa air bersih, makanan dll. Kendaraan ini bernama Hagglunds BV260 (Bandvagn 206) milik PMI (Palang Merah Indonesia).

Melansir Kompas.tv Palang Merah Indonesia (PMI) menurunkan Hagglund PMI, ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Hagglund milik PMI  punya roda rantai yang mampu melibas  medan dengan suhu panas, sampai 46 derajat celsius. Bak bagian belakangnya , bisa digunakan untuk mengangkut barang serta manusia.

Melirik spesifikasi teknisnya, melansir Otomotifnet.com Hagglund menggunakan mesin BV206 mengadopsi V6 2.800 cc kepunyaan Ford Cologne.

Dengan transimisi otomatis, milik Mercedes-Benz dengan 4-percepatan. Dari mesin yang terhitung kolot  ini, harga bekasnya mencapai 2 Miliar lebih dalam spek militer.

Kecepatannya meluncur di jalanan mulus sekitar 55 km/jam. Ketika ia “berenang” melaju dengan kecepatan 4,7 km/jam di air. dengan radius putar 16 meter.

Baca Juga: Naik Motor Trail, Kepala BNPB Tinjau Jembatan Putus akibat Erupsi Semeru

https://www.kompas.tv/article/239180/naik-motor-trail-kepala-bnpb-tinjau-jembatan-putus-akibat-erupsi-semeru 

Grafis: Arief Rahman 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x