Kompas TV regional berita daerah

Menjanjikan, Daun Talas Jateng Diminati Pasar Australia

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 11:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 3,3 ton daun talas hasil panen petani di Jawa Tengah ini akan diekspor ke Australia. Daun talas dalam kondisi kering irisan ini di negara Australia akan diperuntukkan sebagai pengganti tembakau. Jika tembakau memiliki kandungan nikotin, daun talas tidak memiliki kandungan nikotin. Ekspor 3,3 ton daun talas dilepas oleh PLT Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah Tri Susilarjo bersama pejabat terkait serta para penggiat ekspor.

"Ekspor 3,3 ton ke Australia, harga perkilonya 2 dolar. Untuk bikin rokok, peganti tembakau. Kalo tembakau ada nikotinnya, kalo ini tidak ada nikotinnya," ujar Tri Susilarjo, PLT Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng.

Diharapkan dengan adanya ekspor daun talas akan memicu petani lebih giat untuk menanam pohon talas dan menghasilkan daun talas yang berkualitas. Tak hanya proses menanamnya yang mudah, namun perawatannya tidak membutuhkan  banyak biaya dan harga jualnya sangat menguntungkan.  Untuk satu kilogram daun talas kering dihargai 2 US Dolar.

#dauntalas #australia #ekspor

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x