Kompas TV regional berita daerah

Penipuan Modus Pencairan Deposito Ditangkap

Jumat, 3 Desember 2021 | 13:19 WIB

KLATEN, KOMPAS.TV - Ketiga pelaku warga Kota Jambi ini tak berkutik saat dibawa oleh petugas Polres Klaten. Mereka disangka telah melakukan penipuan dengan cara membujuk korbannya agar mentranfer sejumah uang ke rekening ATM.

Menurut Kasat Reskrim Polres Klaten, AKP Guruh Bagus Suryana, para pelaku ini awalnya menjual sebuah ATM kepada korban bernama Ninik Wuryanti yang bekerja di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Ceper.

Korban dihubungi seseorang yang mengaku pegawai BPR Kanti bernama Nova. Pelaku juga menyampaikan telah mengirimkan sebuah email, berisi persyaratan pencairan desposito atas nama PT BPR Sukawati Pancakanti, untuk dicairkan ke salah satu bank atas nama Juwita.

Korban Ninik yang terperdaya akhirnya mentransfer secara bertahap hingga mencapai 800 juta rupiah. Namun setelah dicek, ternyata pihak BPR Sukawati Pancakanti, mengaku tidak pernah mengirim permintaan pencairan deposito atas nama Juwita. Curiga ada unsur penipuan, korban lalu lapor ke kantor polisi. Pihak Satreskrim Polres Klaten, segera bergerak cepat dan berhasil meringkus ketiga pelaku.

"Jadi sistem penipuan ataupun kegiatan penipuan sekarang sudah sistematis. Salah satu yang kita tangkap saat ini adalah sebagai rekening tampung, sehingga kejahatan tersebut bisa disamarkan atau dikaburkan" ujar AKP Guruh Bagus Suryana, Kasat Reskrim Polres Klaten 

Dalam kasus ini, polisi bekerjasama dengan pihak bank, berhasil memblokir rekening pelaku sebesar 500 juta rupiah, sementara 300 juta rupiah telah berhasil dinikmati oleh para pelaku. Selama dua bulan beroperasi, komplotan ini telah berhasil menipu 5 orang korban. Empat korban lain kerugiannya hanya berkisar 1 sampai 5 juta per orang.

Atas kasus ini, tersangka bakal dijerat dengan pasal 85 UU RI Nomor 3 tahun 2011 dengan ancaman 5 tahun penjara dan denda paling banyak 5 miliar rupiah.
#penipuan #pencairandeposito #bpr

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19