Kompas TV regional peristiwa

Keluarkan Guguran Lava Pijar, Gunung Semeru Berstatus Waspada

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 20:01 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Setelah meluncurkan awan panas, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, diamati mengeluarkan guguran lava pijar sebanyak 13 kali dalam 24 jam terakhir.

Pada hari Kamis (2/12/2021) pagi, dari Sungai Besuk Kobokan, Desa Supiturang, Gunung Semeru terlihat jelas mengalirkan lava pijar dari puncaknya.

Luncuran lava pijar tercatat terjadi terus-terus selama semalam. Warga juga mengaku sering mendengar suara gemuruh dari puncak Gunung Semeru.

Baca Juga: Video Detik-detik Banjir Lahar Gunung Semeru Menerjang Jembatan Bambu Sepanjang 20 Meter!

Meski demikian, aktivitas penambangan pasir tampak normal seperti biasanya. Kini, status Gunung Semeru berada di level dua atau waspada. Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada serta selalu mematuhi imbauan dari petugas pos pengamatan Gunung Semeru. 

Sebelumnya, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas sejauh 1 kilometer pada hari Rabu (1/12/2021). Saat ini kondisi Gunung Semeru dinyatakan masih fluktuatif. Semeru masih berpotensi mengeluarkan awan panas guguran sewaktu-waktu.

Video editor: M. Rengga



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.