Kompas TV nasional kesehatan

ITAGI Ingatkan Orang Tua Anak Usia 6-11 Tahun Lengkapi Imunisasi sebelum Terima Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 30 November 2021, 13:10 WIB
itagi-ingatkan-orang-tua-anak-usia-6-11-tahun-lengkapi-imunisasi-sebelum-terima-vaksin-covid-19
Vaksinasi anak yang digelar oleh Kodam IX Udayana kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali (Sumber: Kodam IX Udayana/Kompas.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) mengingatkan orang tua yang memiliki anak berusia 6-11 tahun untuk lebih dulu melengkapi imunisasi dasar sebelum mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 pada 2022 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Ketua ITAGI, Sri Rezeki Hadinegoro dalam webinar Pentingnya Vaksinasi Covid-19 dan Vaksinasi Anak yang dilaksanakan Yayasan RMHC bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Selasa (30/11/2021).

"Sekarang lengkapi dulu vaksinasi rutin (pada anak usia 6-11 tahun) sebelum nantinya disuntik vaksin Covid-19 pada tahun depan," kata Sri Rezeki Hadinegoro.

Sri Rezeki juga menjelaskan hal ini penting dilakukan agar di masa pandemi Covid-19, seorang anak tidak terpapar penyakit rentan lainnya.

Selain itu juga, pemberian vaksin rutin pada anak-anak juga terus didorong lantaran ada jarak yang perlu diterapkan sebelum seorang akhirnya menerima suntikan vaksinasi Covid-19.

Adapun jarak yang disarankan, kata Sri Rezeki vaksin Covid-19 baru dapat diberikan dalam rentang waktu 2-4 minggu dari vaksinasi terakhir.

Baca Juga: Anggota Komsi IX Desak Kemenkes Bikin Skema yang Jelas Soal Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

"Jarak dari vaksinasi rutin kepada Covid-19 diberikan jarak, karena ini vaksin baru dan belum paham betul khawatirnya ada efek samping, makanya diberi jarak sekitar 2-4 minggu dari vaksinasi terakhir," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan kemungkinan tercepat pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun akan dimulai pada Januari 2022.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x