Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Larang Masuk Pelancong yang Pernah ke 8 Negara Afrika Terkait Varian Baru Covid-19

Sabtu, 27 November 2021 | 06:11 WIB
amerika-serikat-larang-masuk-pelancong-yang-pernah-ke-8-negara-afrika-terkait-varian-baru-covid-19
Amerika Serikat segera melarang masuknya pelancong dan penumpang dari delapan negara Afrika bagian selatan mulai hari Senin, (29/11/2021) namun belum melarang penerbangan masuk dan tidak berlaku bagi warga Amerika Serikat dan penduduk tetap yang sah (Sumber: Straits Times via AFP)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat segera melarang masuknya pelancong dan penumpang dari delapan negara Afrika bagian selatan mulai Senin karena kekhawatiran tentang varian virus corona baru yang ditemukan di Afrika Selatan, kata Presiden Joe Biden, Jumat (26/11/2021) waktu Washington, seperti dilansir Straits Times, Sabtu (27/11/2021).

Pembatasan yang mulai berlaku Senin, (29/11/2021) itu tidak melarang penerbangan masuk dan tidak berlaku bagi warga Amerika Serikat dan penduduk tetap yang sah, kata seorang pejabat pemerintahan Joe Biden.

Amerika Serikat termasuk di antara negara-negara di seluruh dunia yang bergegas menangguhkan perjalanan dari Afrika selatan karena berita tentang varian baru B.1.1.529 bernama Omicron, yang menurut Organisasi Kesehatan Dunia "menjadi perhatian" atau variant of concern.

Pembatasan berlaku untuk Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi.

Sebagian besar warga negara bukan Amerika Serikat yang berada di negara-negara tersebut dalam 14 hari sebelumnya tidak akan diizinkan masuk ke Amerika Serikat.

"Sebagai tindakan pencegahan sampai kami memiliki lebih banyak informasi, saya memerintahkan pembatasan perjalanan udara tambahan dari Afrika Selatan dan tujuh negara lainnya," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

“Pembatasan baru ini akan berlaku pada 29 November. Saat kami bergerak maju, kami akan terus dipandu oleh apa yang disarankan oleh sains dan tim medis saya.”

Pejabat pemerintah lain memperingatkan Amerika Serikat dapat menambahkan negara ke daftar pembatasan jika variannya menyebar.

Delta Air Lines dan United Airlines keduanya terbang ke Afrika Selatan dan United Airlines akan melanjutkan penerbangan nonstop dari Newark ke Cape Town pada 1 Desember. Saham kedua maskapai ditutup turun lebih dari 8 persen pada Jumat.

Biden pada hari Jumat meminta pertemuan negara-negara di Organisasi Perdagangan Dunia WTO minggu depan agar sepakat dan bersetuju mengabaikan perlindungan kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19 setelah ditemukannya varian baru.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19