Kompas TV regional berita daerah

Cerita Buruh Sukses Buka Usaha Sampingan Bengkel

Kompas.tv - 26 November 2021, 11:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setiap harinya Is Suparyanto warga Borobudur Timur, Kembang Arum, Semarang Barat ini, berangkat pagi dan pulang sore. Ia sudah 27 tahun bekerja di PT Sinar Panca Jaya sebagai mekanik.

Usai pulang kerja, bapak 3 anak ini langsung ganti profesi dari buruh pabrik menjadi montir motor. Usaha buka bengkel motor sengaja dilakukan untuk mendapat tambahan penghasilan yang selama ini hanya mengandalkan gaji standart UMK buruh. Kerja keras Is Suparyanto membuahkan hasil, setiap bulannya ia bisa mendapat tambahan penghasilan sebanyak Rp 2,5 - Rp 3 juTA dari hasil bengkel.

"Saya kerja di perusahaan sebagai buruh kurang lebih 27 tahun. Untuk menambah pendapatan saya membuka usaha perbengkelan. Buruh di sini kan UMR mas, UMR itu kebutuhan minimum," ujar Is Suparyanto.

Di tengah kesederhanaan, penghasilan dari membuka bengkel bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan sekolah anak-anaknya.

Selain bengkel, Is Suparyanto juga menjual bensin eceran untuk tambahan pendapatan. Buruh bagian mekanik ini berharap pemerintah serius memperhatikan nasib buruh dengan menaikan UMK sesuai KHL, agar buruh bisa hidup layak.

#buruh #usahasampingan #semarang

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x