Kompas TV regional berita daerah

Mengisi Waktu Kosong Di Saat Pandemi, Kelompok Pemuda Sukses Bertani

Kompas.tv - 24 November 2021, 18:59 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Puluhan pemuda di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, punya cara yang berbeda untuk mengisi waktu di masa pandemi, para pemuda ini menggagas kelompok petani muda, dengan memanfaatkan lahan milik desa. Kini para petani muda ini sukses bercocok tanam berbagai macam komiditi pertanian. 

Berbagai macam tanaman pangan dan pertanian, seperti pisang, singkong dan aneka sayur mayur ini, tumbuh subur di lahan milik pemerintah Desa Purwosari,  Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. 

Sejumlah tanaman tersebut, merupakan hasil budidaya dari sekelompok pemuda desa setempat, yang tergabung dalam kelompok tani muda kampung petro. 

Kelompok tani muda ini dibentuk, pada saat para pemuda desa sama-sama terdampak pandemi covid-19. Untuk mengsisi waktu selama pandemi, para milinial inipun bercocok tanam bersama. 

Selain bercocok tanam aneka sayur mayur, petani muda juga membudidayakan ikan nila, yang bibitnya didapat dari dinas pertanian Kabupaten Madiun. 

Usaha pertanian para pemuda ini, saat ini menjadi percontohan bagi petani muda dari sejumlah daerah. Dinas Pertanian Kabupaten Madiun berencana akan memberikan pendampingan kusus serta bantuan bibit, untuk di kemangkan di kelompok petani muda ini.

Hasil panen dari bertani para pemuda ini, sementara waktu dibagikan ke warga desa. Selanjutnya para pemuda ini akan memasok hasil panen ke sejumlah pasar di Madiun. 

#beritamadiun
#petani
#petanimuda
#pertanian
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x